Kadis Disnakertrans: NTB Harus Segera Memiliki Roadman Ketenagakerjaan

Mataram,KabaroposisiNT.Com--Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, I Gede Putu Aryadi., S.Sos., M.H., mengungkapkan NTB belum memiliki roadmap atau peta jalan ketenagakerjaan dan transmigrasi. Sebagai daerah yang ditetapkan menjadi destinasi super prioritas di Indonesia, NTB harus segera memiliki roadmap ketenagakerjaan, agar masyarakat tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri.

“NTB adalah destinasi super prioritas. Bagaimana kita menyiapkan dari sisi SDM yang mempunyai skill. Sehingga nanti tidak menjadi penonton di daerah sendiri,” kata Aryadi dikonfirmasi di Mataram, Selasa, 27 April 2021.

Untuk itu, kata Aryadi, NTB harus punya roadmap ketenagakerjaan. Sehingga konsep pelatihan keahlian yang diberikan juga bisa nyambung dengan kebutuhan pasar kerja.

Mantan Kepala Diskominfotik NTB ini mengatakan sudah mengumpulkan kepala bidang dan kepala seksi Disnakertrans NTB. Dari penjelasan yang diperoleh, NTB belum memiliki roadmap ketenagakerjaan dan transmigrasi.

Selain roadmap, Aryadi mengatakan sistem informasi ketenagakerjaan juga perlu dilakukan perbaikan. Sehingga masyarakat NTB mudah mengakses masalah ketenagakerjaan dan transmigrasi.

“Saya masih identifikasi. Saya sudah kumpulkan kepala bidang, kepala seksi. Harus mulai kita berpikir, ada inovasi yang dilakukan untuk ketenagakerjaan dan transmigrasi. Roadmapnya harus segera ada,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta Lombok Tengah telah ditetapkan menjadi destinasi super prioritas di Indonesia. Berbagai sarana prasarana pariwisata, seperti perhotelan mulai dibangun. Keberadaan Destinasi Super Prioritas Mandalika diperkirakan akan menyerap ribuan tenaga kerja.(KO.O2)

No comments

Powered by Blogger.