DLHK NTB Siap Sambut Evaluator Global Geopark

Keterangan Foto: Kepala Dinas LHK NTB Kang Dani Bertemu dengan KPH se-Pulau Lombok.

MATARAM,KabaroposisiNTB.Com--Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat mengatakan Kang Dani siap untuk bergabung dalam penyiapan Geopark dalam Rangka Revalidasi Global Geopark yang akan dilaksanakan tim dari UNESCO. Pertemuan ini dihadiri jajaran Dinas LHK NTB, KPH se-Pulau Lombok, Dinas LH Kabupaten se-Pulau Lombok, dan Perwakilan dari Rinjani Geopark, ucap Kadis LHK NTB Kang Dani sapaan akrabnya, Jum'at (27/05). 

Revalidasi Global Geopark merupakan sebuah misi  yang dilakukan oleh UNESCO untuk menilai ulang/ mengevaluasi keberadaan sebuah Global Geopark setiap 4 tahun sekali, yang menjadi penentu apakah Status Geopark tersebut akan dilanjutkan atau tidak. Dalam pertemuan ini Melyawati perwakilan dari Geopark Rinjani memaparkan terkait rundown tim UNESCO selama di Indonesia. Melyawati juga menyampaikan beberapa kondisi terkini dari setiap Geopark yang ada di Lombok, dari sisi kekuatan, maupun kelemahan yang ditemukan.

Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat menjawab “Ini adalah sebuah momen penting, dan sangat disayangkan bila disia-siakan, karena akan susah untuk mendapatkan Status Geopark bila terjadi pemutusan tersebut. 

kami dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menugaskan Tim Satgas Zero Waste untuk siap siaga di area Geopark, serta akan menugaskan Tim dari KPH setempat untuk membenahi kekurangan yang ada” pungkasnya. 

Ditambahkannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat berharap semuanya bisa diatasi dengan baik, harapnya.(ALFAISAL)

No comments

Powered by Blogger.