Dampingi Wagub, DLHK NTB Hadiri Pelepasan Penyu di Pantai Mapak

Keterangan Foto: Saat Kadis DLHK NTB Dampingi Wagub Ummi Rohmi.


Mataram,KabaroposisiNTB.Com--Hadiri Pelepasan Penyu, DLHK NTB dampingi Ummi Rohmi mengibarkan sinyal Darurat Penyelamatan Lingkungan.  Acara ini dihadiri oleh Jajaran BKSDA NTB, DLHK NTB, DisLutKan NTB. Pelepasan Penyu kali ini dilaksanakan di Konservasi Penyu Pantai Mapak Indah, Pantai Mapak Kec. Sekarbela, Rabu (13/07). 

Diketahui ada banyak penyu yang memakan Plastik, karena Penyu menganggap Plastik itu adalah ubur ubur yang mereka bisa makan. Menanggapi hal tersebut Ummi Rohmi berkata betapa besar pengaruh Sampah-sampah itu dapat berpengaruh langsung terhadap lingkungan sekitar kita. Ummi juga menyampaikan Langkah PemProv NTB dalam menyikapi permasalahan sampah “Kita sudah memberlakukan TPA hanya menerima sampah terpilah, diharapkan kebijakan ini dapat menjadi Edukasi Massal terhadap Warga Kota Mataram dan Lombok Barat untuk memulai mengolah dan memilah sampahnya dari Rumah, dalam rangka menyelamatkan Lingkungan Kita” ucap Wagub NTB Dikutip Kadis LHK NTB (Julmansyah, S.Hut. M.A.P.). 

Dalam Kesempatan ini Ummi juga menegaskan “Sampah ini memang selalu menjadi momok bagi kita semua, banyak yang lupa bahwa penanganan sampah ialah Tanggung Jawab Bersama secara individu. Tugas Kami sebagai Pemerintah ialah memfasilitasi, dan mensosialisasikan, serta mengedukasi masyarakat terkait sampah, Tapi bila sudah kita laksanakan segala upaya kita untuk menangani sampah, tetapi lapisan lainnya masih abai ya beginilah jadinya, sampah masih banyak tercecer dijalanan, sungai dan fasilitas publik lainnya” tegasnya.

Ummi menyampaikan betapa pentingnya Wisata Edukasi Penyu “Wisata Edukasi Tentang Penyu itu kan tidak banyak, maka perlu ada pengembangan di daerah wisata baik dalam Pengelolaan Sampahnya dan Mengarahkan anak sekolah ke tempat ini untuk memahamkan pentingnya untuk menjaga Lingkungan kita” Ujarnya.

Terdapat 127 Jenis Penyu peninggalan Jaman Purba, namun sekarang tersisa hanya 7 Jenis, 3 diantaranya terdapat di Konservasi Penyu Pantai Mapak Indah.  Sisik yang tugasnya menjaga habitat di terumbu karang, Penyu Hijau yang menekan jumlah ubur ubur yang berlebihan di laut, Penyu Lekang memperkuat hubungan darat dan lautan.(ALFAISAL)

No comments

Powered by Blogger.