Bersama DLHK Kotaraja Bangun Pilar Zerowaste

MATARAM, KabaroposisiNTB.Com--Sampah Kian Menumpuk, Desa Kotaraja ingin terapkan Zerowaste di wilayahnya. Kali ini DLHK NTB mensosialisasikan pengelolaan sampah organik menjadi pupuk. Kegiatan ini berlangsung di Aula Desa Kotaraja dan di hadiri oleh Sub Koordinator PPKL (L. Ahmad Ghifary, S.T), Tim Satgas Zerowaste, Ketua TPS3R Lestari,Kepala Desa Lekong, Kepala Desa Kotaraja, Pemuda dan PKK Kawil Se-Desa Kotaraja. Tim Satgas Zerowaste mensosialisasikan terkait pentingnya mengelola sampah dari rumah, ungkap Kepala Dinas LHK Provinsi NTB (Julmansyah), Selasa (22/11). 

Sosialisasi tersebut mengajak masyarakat untuk mengelola sampahnya mulai dari yang paling sederhana, yaitu memanfaatkan sampah sisa dapur menjadi pupuk. Pupuk sendiri diketahui memiliki manfaat untuk menyuburkan tanah. Tim Satgas Zerowaste juga menyampaikan, pemilahan sampah yang sudah dimulai dari rumah juga memberikan banyak manfaat jika masyarakat mau mengolahnya. Beberapa contoh diantaranya sampah organik yang diolah dapat mengurangi bau-bau tidak sedap, mengurangi gas metana yang dapat merusak iklim cuaca, dan mengurangi air lindi yang berdampak negatif pada masyarakat. 

Demi mewujudkan terciptanya Desa Kotaraja yang bersih, Kepala Desa Kotaraja berkomitmen akan membentuk Bank Sampah yang akan dipusatkan sebagai pelaku atau penggerak dalam mengelola sampah desa. Pengelolaan sampah tersebut direncanakan akan menggunakan metode Takakura atau BSF. Selain itu Kepala Desa Kotaraja akan melakukan studi banding ke TPS3R Lestari yang dikelola langsung oleh Lalu Supratman, sebagai langkah awal ikhitar Desa Kotaraja untuk tata kelola sampah yang lebih baik.(ALFAISAL) 

No comments

Powered by Blogger.