Program P2L Menjadi Kegiatan Primadona Bagi Ibu-ibu Karena Sangat Bermanfaat


BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS yang dikenal peduli dan sederhana terus menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pekarangan Pangan Lestari (P2L) se-Pulau Sumbawa. Sebelumnya di kabupaten Dompu, Sumbawa dan KSB, pada tanggal 21 oktober 2022 lalu Kota dan Kabupaten Bima dilaksanakan di hotel Marina Inn. 


Pada kegiatan Bimtek P2l, dihadiri oleh kedua kepala dinas ketahanan pangan Kota Ichwanul Muslimun, SP. MM Dan Ir H. Muhammad Natsir mewakili kadis kabupaten Dan jajaran dinas lain. Beserta Peserta 75 perwakilan kelompok 3 orang penerima program. 

Disisi lain, Bimtek Pekarangan Pangan Lestari (P2L) lingkup Hortikultura merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal Hortikultura dengan anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PAN. 


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima Hj Nurma diwakili Ir H Muhammad Nasir menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada  Anggota DPR RI Komisi IV Dapil NTB I Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang sudah memberikan suport dan dukungan kepada kegiatan Bimtek Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kabupaten Bima.


" Alhamdulillah kegiatan P2L sangat bermanfaat jika dikelola dengan benar dan banyak manfaatnya begitu kompleks jika kita berdayakan di tempat- tempat,yah  memang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena tujuan bimtek itu untuk meningkat kan pengetahuan tentang bercocok tanam sayuran, mengenal cara membuat pupuk organik dan pestisida nabati dan cara mengaplikasikannya,  serta diberikan pengetahuan manajemen usahanya agar bisa berkembang " tuturnya. 


Senada dengan Ir H Nasir, Kadis Ketahanan Pangan Kota Bima Ichwanul Muslimun menjelaskan,kegiatan P2L alias pekarangan pangan lestari di saat ini dimana isu stunting, isu inflasi  dan lokasi rawan pangan sangat membutuhkan kegiatan ini. Alasannya kegiatan P2L membantu pemenuhan gizi keluarga yang diharapkan menurunkan angka stunting akibat kekurangan gizi.


" Terkait inflasi akibat komuditas beberapa pangan misalnya gejolak harga cabe , bawang Insyaallah tidak dirasakan oleh keluarga,  karena terpenuhi dari halaman pekarangan. Kemudian P2L juga membantu terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat di lokasi rawan pangan." terangnya. 


Ia menegaskan, dalam Bimtek P2L juga mengajarkan masyarakat untuk melakukan gerakan menanam dengan tanaman yang cepat di panen, untuk kebutuhan keluarga, juga bisa kelebihan nya dijual guna memenuhi kebutuhan lainnya.


" P2L sangat bermanfaat dan masih terus dibutuhkan oleh masyarakat dalam memanfaatkan halaman pekarangannya, saya mengharapkan , di tahun mendatang ada kegiatan serupa yang digelontorkan dananya dari Bapanas,  karena tahun 2023 kegiatan P2L berada di dinas pertanian."ujarnya 


Dan yang paling penting adalah kegiatan  lanjutan dari P2L ini adalah kita sosialisasikan lagi makan sehat, makan enak dengan makanan B2SA Makanan (Bergizi, Beragam Sehat dan Aman).Kalau porsi makanan kita asup belum B2SA dalam piringnya, maka belum kita asup makanan yang sehat. Yang menentukan terhadap kesehatan keluarga.


" Kita berharap gerakan B2SA terus kita sosialisasikan di tengah masyarakat. Semoga  HMS bisa membantu program kami di Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Sumbawa" pungkasnya. 


Sementara itu, HMS mengatakan bagi dirinya untuk pertanian pulau Sumbawa apapun akan dirinya perjuangankan di pemerintah pusat demi kemakmuran para petani. Melalui P2l ini menjadi motivasi para ibu ibu di kota dan kabupaten Bima.


"Ia berharap, para mak-mak bisa memanfaatkan bimtek (P2l) bisa meningkatkan ekonomi mereka," harapnya.(MARLIN)


No comments

Powered by Blogger.