Kembangkan Tembakau di kabupaten Bima, Dinas Pertanian Genjot Sosialisasi

Kabupaten BIMA, KabaroposisiNTB. Com--- Dalam mengajak para petani di Kabupaten Bima untuk menanam tembakau, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, melakukan sosialiasi tanam tembakau Kasturi. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan  di Desa Tonda, Kecamatan Madapangga, pada Kamis (15/12/2022). Pelaksanaan sosialisasi tersebut berlangsung di aula kantor desa setempat.


Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Hj Nurma diwakili Kabid Perkebunan dari Dinas  Pertanian dan Perkebunan, Kabupaten Bima, Azhar, Sp, Kades Tonda, Arif Fahmi Sp bersama aparatnya serta anggota Kelompok Tani (Poktan) Mengge Jara dan Lawuwu di desa setempat.


Kabid Perkebunan dari Dinas  Pertanian dan Perkebunan, Kabupaten Bima, Azhar, Sp, menjelaskan bahwa rencana program tanam tembakau ini yaitu pada 2023 untuk beberapa kecamatan dan pihaknya telah mengandeng perusahaan. 


Selain itu, ingin bersilaturrahmi dengan warga Tonda dalam rangka membuka hal- hal yang baru dari dinas Pertanian dalam hal budidaya tembakau. Karena tembakau bersifat internasional bahkan kalangan dunia,"jelasnya. 


Menurutnya, Lombok Timur menjadi pemasok tembakau. Jadi kebutuhan belum terpenuhi dan ini kita merencanakan untuk Kabupaten Bima yaitu  di Desa Tonda dan kita akan bekerjasama dengan PT. Aliansi One di Lombok Timur,"terangnya.


Untuk kelancaran program ini, kita akan ajukan anggaran ke Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, untuk program budidaya tembakau ini."Insya Allah, kita ajukan dulu anggaran ke Bupati dan mudah-mudahan dipenuhi oleh Bupati,"tandasnya.


Ketua Poktan Mangge Jara, Yakub, dalam pemaparannya mengatakan, lahan yang kita miliki adalah lahan tadah hujan untuk satu kali panen saja. "Mudah- mudahan dengan hadirnya program tanam tembakau ini menjadi lahan basah dan kita sangat mendukung,"katanya dihadapan Kabid dan serta para anggota poktan. 


Cuma, lanjut Yakub, kami juga menghadapi kendala yaitu air yang tentunya sumur bor. "Kami sangat mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Bima guna menghadirkan program tanam tembakau di Desa kami,"pungkasnya. (RED)

No comments

Powered by Blogger.