Di Bimtek Penyuluh dan Petani Kabupaten Bima, HMS Minta Agar Saling Bersinergi Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional

Foto: Kegiatan Bimtek HMS bersama para Petani dan Penyuluh kabupaten Bima. 


Kabupaten BIMA, KabaroposisiNTB. COM___Bekerja sama dengan Polbanhgtan Malang, anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin ST, MT, Komisi IV dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) mengelar kegiatan Bimbingan Tehnik  ( Bimtek) peningkatan kapasitas bagi para Petani dan Penyuluh di kabupaten Bima. Turut hadir pada kegiatan para petani Milineal, Penyuluh, jajaran dinas Pertanian langsung Kepala Dinas Hj Nurma, narasumber kampus politeknik pembangunan pertanian Malang, DR.Ir.Dwi Purnomo, MM dan DR.Ugi Rumadi. 


Kegiatan dilaksanakan pada senin (27/2) di Hotel Marina Inn dengan anggota yang hadir berjumlah ratusan. 


Kadis Pertanian Muhammad Hj Nurma saat menyampaikan sambutan menyampaikan sosok anggota DPR RI tiga periode HMS selama duduk di komisi IV selalu memberikan ataensi dan kepedulian buat  kepentingan masyarakat petani di kabupaten Bima selama ini. 


"Berbagai bantuan telah diberikan baik berupa Alsintan, benih dan lain lainnya setiap tahun sejak HMS duduk di komisi IV. Bagi masyarakat kabupaten Bima sosok yg sangat populer dan tak asing bagi  para petani di Bima, " Jelas Kadis. 


Dikatakannya juga, kabupaten Bima berterimakasih karena Kementerian Pertanian melalui HMS, memberi kepercayaan kepada pemda Bima sebagai salah satu tempat lokasi Bimtek. Dan program bimtek ini selalu beliau laksanakan di Bima dalam upaya meningkatkan kapasitas bagi masyarakat tani di daerah kami dengan menghadirkan ahli dan pakar seperti hari ini dari kampus POLBANHGTAN Malang, " tambahnya. 


Pada kesempatan bimtek itu juga kadis, meminta kepada para petani dan penyuluh agar mampu mempraktekan kelak ilmu didapat hari ini, " Pinta kadis. 


Ditambahkannya lagi, program ini terealisasi atas bantuan HMS melalui kementerian Pertanian, hal ini menunjukan betapa peduli sosok DPR RI dari partai PAN bagi masyarakat Tani se-Pulau Sumbawa. 


"Tak lupa pada kesempatan itu, Mantan Kadis perikanan dan kelautan ini menyampaikan kondisi pupuk di kabupaten Bima kepada HMS bahwa kondisi pupuk di daerah kami tetap mengalami kekurangan dari pupuk Subsidi. Akan tetapi, pupuk non subsidi lebih, " tuturnya. 


Ia meminta kepada anggota DPR RI komisi IV ini untuk memperjuangkan kekurangan pupuk subsidi di pemerintah pusat. Pasalnya, koptan di kabupaten Bima sangat banyak, " imbuhnya. 


Sementara itu HMS memaparkan, selama dirinya ada di komisi IV akan terus berjuang untuk masyarakat pulau Sumbawa. Sebelumnya, Ia periode pertama ada di Komisi I dan komisi 7, periode ketiga ini duduk di komisi IV menanggapi para nelayan. 


Sambungnya, alhamdulillah bimtek ini terlaksana. Demi kepentingan para petani dalam mengolah tanahnya kedepan. 


"Sementara itu dirinya, siap dan tetap komitmen berjuang untuk kesejahteraan masyarakat pulau Sumbawa umumnya, masyarakat Kabupaten Dompu khususnya, " janjinya.


Terkait persoalan pupuk itu memang kurang dari pemerintah pusat. Artinya pemanfaatan pupuk non subsidi harus mampu dimaksimalkan para petani. Melalui bimtek ini, diharapkan para petani mampu mengelola pupuk organik dan para Penyuluh harus berperan aktif dalam mensosialisasikan ilmu ilmu untuk para petani, '' terang HMS. 


Disisi lain, kegiatan Bimtek pembina para petani dan penyuluh mampu menerima ilmu dari pembicara kampus POLBANGTAN Malang.(MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.