HMS Gelar Bimtek Sosialisasi Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan di KSB, Untuk Meningkatkan UMKM Para Pengusaha dan Serta Nelayan

Kabupaten SUMBAWA BARAT, KabaroposisiNTB. COM___H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS atau Rudhy Mbojo yang dikenal Sederhana dan Peduli selaku anggota DPR RI dari Partai PAN dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) selama duduk di komisi IV di periode ke tiga terus berjuang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat baik di sektor pertanian, perikanan, kehutanan dan lainnya. 


Baru-baru ini, HMS Anggota DPR RI Komisi lV Dapil NTB I Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP) RI melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi serta di hadiri Kepala Dinas Perikanan  Sumbawa Barat Noto Karyono.S.Pi.M.Si menggelar pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan bagi masyarakat kelautan dan perikanan pada (9/3/23), bertempat di Kedai sawah kompleks KTC Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. 


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat Noto Karyono.S.Pi.M.Si.menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada anggota DPR RI Komisi IV H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang sudah bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) untuk terlaksananya kegiatan ini. 


" Dengan kegiatan ini, HMS sudah menginisiasi memberikan pelatihan pengolahan ikan, alhamdulillah peserta  juga mengikuti pelatihan ini dengan antusias, pesertanya para pelaku usaha perikanan dan penyuluh perikanan di dominasi dari kaum hawa yaitu emak- emak," kata Noto. 


Noto berharap,dengan pelatihan tersebut, para pelaku usaha lebih meningkatkan mutu usahanya untuk mendapatkan nilai jual yang lebih baik untuk peningkatan pendapatannya,sehingga dapat dijadikan sebagai pengembangan usaha yang dijalankan oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat.*


" Dalam pelatihan pengolahan ikan kali ini kami praktekan cara pembuatan abon ikan,kerupuk ikan dan jenis olahan lainnya dengan bahan baku komoditas hasil perikanan,"jelas Noto kepada awak media senin (13/3/23).


Politisi PAN HMS mengatakan, jika kita membuka data Badan Pusat Statisik (BPS), mayoritas masyarakat Pulau Sumbawa bersandar pada mata pencarian sebagai petani, peternak dan nelayan.


" Pulau Sumbawa adalah provinsi NTB dengan potensi perikanan yang luar biasa. Untuk membantu mengembangkan kesejahteraan masyarakat memajukan perekonomian daerah, NTB perlu melihat bahwa laut adalah masa depan, kita tidak bisa lagi memunggungi wilayah lautan. Potensi dari laut harus benar- benar dimanfaatkan,” ungkap  HMS tiga periodeperiode. 


HMS menjelaskan, pelatihan hari ini sebagai bentuk perhatian, kepedulian dan keberpihakan anggota DPR RI Komisi lV bekerjasama dengan KKP untuk memotivasi, menopang dan mengembangkan sektor UMKM yang memproduksi dan mengelola produk-produk hasil laut seperti ikan.


“emak-emak dan bapak dilatih oleh tenaga profesional dari kementerian untuk bisa mengembangkan produk olahan menjadi lebih bernilai jual dan diminati konsumen,” Ucap HMS Kandidat Doktor Universitas Brawijaya (MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.