Rachmat Hidayat bantu Operasi Katarak Imam Masjid di dusun Dasan Imba Desa Bagikpapan Lombok Timur

Foto: Rahmat Hidayat Bantu Kursi Roda di Desa Bagikpapan.

Kabupaten LOMBOK TIMUR, KabaroposisiNTB. COM___ Anggota DPR RI dapil Lombok dari PDI Perjuangan, H Rachmat Hidayat terus melakukan bakti sosial aksi kemanusiaan tanpa henti. Kali ini Rachmat Hidayat serbu Desa Bagikpapan untuk bagikan kursi roda di tiga dusun yakni,  Dusun Bagikpapan, Bampak dan dasan imba. Para Janda dan Manula yang lumpuh disumbang Kursi Roda secara cuma-cuma oleh Ketua DPD PDI Perjuangan NTB. 


Aksi Kemanusiaan Pembagian Kursi Roda oleh politisi kharismatis NTB ini dimulai dari dusun bagikpapan , desa Bagikpapan Lombok Timur. Rachmat Hidayat dengan didampingi Hakam Ali Niazi , Mamiq Lukman, Mantan Ketua DPC PDIP Lotim serta Bhabinkamtibmas Polsek Pringgabaya, Bripta Agus Salim bergegas menuju kediaman Inaq Humaeni yang menderita Lumpuh semenjak 4 tahun silam. Sementara suaminya baru meninggal satu bulan lalu. 

Inaq Humaeni menurut penuturan warga setempat adalah cucu dari Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi yang rumahnya hanya berjarak puluhan meter dari Rumah Lama H Rumaksi.


Saat Rachmat Hidayat menyerahkan Kursi Roda tampak Inaq Humaeni tak kuasa menahan tangis haru. Tampak Bripka Agus Salim berkali-kali menenangkannya dibantu anak-anaknya. 

"Catat ya , Inaq Humaeni ini cucunya Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi yang tinggal di dusun Bagikpapan," kata Rachmat Hidayat sembari menyerahkan bantuan uang tunai kepada Inaq Humaeni, Selasa , 7 Maret 2023


Rachmat Hidayat menambahkan aksi kemanusiaan bagi Kursi Rida yang bekerjasama dengan Kemensos RI, di desa Bagikpapan atas arahan Bhabinkamtibmas Polsek Pringgabaya, Bripka Agus Salim karena di desa Pringgabaya jumlah penderita disabilitas dan orang tua lumpuh cukup signifikan

"Beberapa hari lalu saya menghubungi Bripka Agus Salim minta diberitahu tempat para penderita cacat dan lumpuh agar bisa dibantu kursi roda di wilayah lombok timur," kata Rachmat Hidayat disela-sela kegiatan bagi kursi tersebut. 

Terpisah , Bripka Agus Salim berdasarkan data lapangan yang ia miliki semenjak bertugas sebagai bhabinkamtibmas di lombok timur sejak tahun 2014 hingga kini,  ada sekitar 1300- an  Penderita Lumpuh Layu diseluruh lotim. Sementara orang lumpuh karena berbagai sebab seperti sakit, kecelakaan jumlahnya tidak bisa dihitung, terlalu banyak. 

"Penderita lumpuh layu di lombok timur perlu perhatian semua stake holder agar mendapat bantuan yang memadai," ujar Bripta Agus Salim yang kerap membantu masyarakat yang kurang mampu ini. 


Sementara itu Sekdes Desa Bagikpapan , Muhammad Jaelani mengucapkan terima kasih kepada Rachmat Hidayat yang memberikan bantuan kursi roda untuk warganya yang menderita sakit lumpuh. 

"Jika diperkenankan, Mohon Kiranya Bapak Rachmat Hidayat bisa membantu warga Bagikpapan lainnya," Pinta Muhammad Jaelani. 


Menanggapi hal tersebut, Rachmat minta kades dan kadus di desa Bagikpapan untuk mendata warganya yang miskin dan tidak memiliki rumah layak huni agar bisa dimaksukkan dalam program aspirasinya yakni RTLH. 

"Tolong didata ywarganya yang belum punya rumah agar bisa saya masukkan lewat program RTLH," kata Rachmat Hidayat. 


Selanjutnya usai memberikan Kursi Roda untuk Cucu Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi yang disambut penuh haru oleh warga setempat, dengan dipandu oleh Bripka Agus Salim , Rachmat Hidayat bergerak menuju Dusun Bampak desa Bagikpapan untuk menyerahkan kursi roda kedua. 

Sesampai dirumah ibu Sahuri, penderita Lumpuh semenjak 4 tahun lalu, Rachmat Hidayat disambut penuh kekeluargaan oleh anak-anak ibu Sahuri. 

"Ibu Saya menderita lumpuh semenjak 4 tahun lalu. Syukur Alhamdulillah Bapak Rachmat Hidayat memberi sumbangan kursi roda buat ibu," ujar salah satu putri ibu sahuri berkaca-kaca. 


Rachmat hidayat tampak memberikan sumbangan uang tunai untuk membantu meringankan membeli makanan kaya nutrisi dan susu sehat. 

"Semoga lekas sembuh ya Ibunya," imbuh Rachmat sembari memberikan salam hormat kepada Bripka Agus Salim

Alasan Rachmat memberikan Hormat kepada Bripka Agus Salim karena ia kerap terlibat membantu masyarakat miskin dengan berbagai aksi kemanusiaannya. 

"Bripka Agus Salim , contoh tauladan Polisi yang humanis yang berempati terhadap masyarakat miskin lewat aksi nyata kemanusiaan ," kata Rachmat. 


*Rachmat bantu operasi katarak Imam Masjid*

Saat menyerahkan bantuan kursi roda yang ketiga di dusun Dasan Imba, Desa Bagikpapan yakni atasnama Inaq Ilis , 60 tahun, Ketua DPD PDI Perjuangan NTB tampak terkejut saat di depannya melintas Bapak Tua yang jalan memakai tongkat penunjuk jalan karena mau meminpin sholat jamaah. Ternyata Bapak tua bernama Amaq Maskur Hadi, seorang imam masjid di dusun Dasan Imba yang menderita Katarak, sehingga penglihatannya terganggu.

"Pak Kadus , saya minta datanya Amaq Maskur Hadi untuk syarat operasi Katarak. Untuk beaya dan lain-,lain saya yang menanggung," ujar Rachmat. 


"Terima Kasih Pak Rachmat sudah sudi membantu saya untuk operasi katarak," tutur Maskur Hadi. 


Selanjutnya Rachmat menekankan kembali agar Kadus-Kadus di lingkungan desa Bagikpapan mendata warga yang miskin dan sakit cacat agar bisa dibantu lewat program Aspirasinya yang bekerjasama dengan Kemensos RI maupun kemetrian lain terkait tupoksi komisi VIII DPR RI. 

"Pak Haji Rachmat di dusun tiyang bagikpapan daya ada penderita disabilitas dua orang dan 4 orang lumpuh," ujar Kadus Bagikpapan daya, Kasri. 

Rachmatpun berjanji dalam waktu dekat Tim Aksi Kemanusiaannya akan datang dan membawakan aneka bantuan sosial untuk warga Lombok Timur.(RED) 

No comments

Powered by Blogger.