Bimtek Peningkatan Kapasitas Masyarakat juga menyerahkan bantuan mobil off road

DOMPU, KabaroposisiNTB. COM--Kunjungan Kerja Anggota DPR RI Komisi IV Dr. H. Muhammad Syafrudin, ST., MM ke wilayah kerja Balai Taman Nasional Tambora, pada tanggal 8-11 Juli 2023 untuk melakukan beberapa agenda penting di Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa yaitu memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat bertempat di Desa Soritatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu dan Desa Kawinda toi kecamatan Tambora Kabupaten Bima. 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, wakil rakyat yang akrab di sapa HMS ini menyerahkan bantuan ekonomi kepada masyarakat dengan jenis bantuan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan masyarakat tentunya.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan HMS pada kesempatan tersebut yaitu kepada Kelompok Doro Ncanga Offroad (Desa Sori Tatanga dan Desa Doropeti) dalam bentuk bantuan Mobil Offroad untuk menunjang wisata pendakian Taman Nasional Tambora senilai Rp. 150.000.000,-


Bantuan mobil offroad ini sebagai komitmen untuk mengembangkan wisata pendakian offroad di Taman Nasional Tambora yang tidak ditemukan ditempat lain.


Kepala Balai Taman Nasional Tambora Deny Rahadi menyampaikan, disela kunjungan HMS juga menyempatkan diri dan membuka ruang diskusi dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat di Daerah Pemilihan I Pulau Sumbawa.


" Dalam diskusi bersama tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan perwakilan forum kepala desa HMS menyampaikan pentingnya menjaga Taman Nasional Tambora sebagai aset kita yang peruntukannya bagi kepentingan wisata," jelasnya 


Kepala Balai Deny Rahadi mengatakan, tentunya masyarakat harus siap menyambut kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tambora, dimana kawasan ini telah bermetamorfosa menjadi destinasi wisata. Kondisi ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisata pada semester I sebanyak 11 ribu kunjungan sesuai laporan kepada Kepala Balai Taman Nasional Tambora.


" Pada kesempatan tersebut, wakil rakyat HMS yang selalu dekat dan hadir untuk masyarakat tersebut melakukan kunjungan pendakian melalui jalur Piong Taman Nasional Tambora dan menapaki puncak Gunung Tambora dengan ketinggian 2415 Mdpl. Disela pendakian HMS melihat penerapan teknologi sederhana berupa embun trape yang dikembangkan Balai Taman Nasional Tambora." ujarnya 


Deny Rahadi menerangkan,embun trape tersebut, sebagai alat mengumpulkan air embun di pos 5 jalur pendakian Piong untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi pendaki Taman Nasional Tambora.


" Di titik 2415 Mdpl puncak Gunung Tambora Jalur Wisata Pendakian Piong HMS memviralkan tagline Taman Nasional Tambora yaitu "Siapa Kita.....Squad Gunung Tambora" dan "The Truly Caldera" ungkapnya.(MARLIN) 

No comments

Powered by Blogger.