Karang Taruna dan Bumdes Ratu Rate Tonda Resmi dilantik

BIMA, KabaroposisiNTB. COM-- Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Tonda kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, NTB, resmi dilantik oleh pemerintah Desa. Sebelumnya, ketua karang taruna dipilih secara aklamasi sementara ketua Bumdes terpilih melalui pemilihan. Pada kegiatan pelantikan tersebut, turut dihadiri Camat Madapangga Tajudin M Nor, Kapolsek diwakilkan, Ketua BPD beserta jajarannya, RT, RW, Lembaga Desa, aparatur Desa, tokoh agama (Toga) , dan tokoh masyarakat (Toma) serta pendamping TA Bumdes kabupaten Bima. 

Kegiatan pelantikan dipusatkan di aula kantor Desa, Selasa (25/7) melalui pengambilan sumpah para pengurus karang taruna dan Bumdes, dan penyerahan secara simbolis perlengkapan kedua organisasi yang dilantik oleh Kades. 

Kepala Desa Tonda Arif Fahmi S.P, mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah untuk Karang Taruna dan Bumdes ini sempat tertunda beberapa hari lalu, karena lain hal, " tuturnya. 

"Untuk Karang Taruna akan menjabat selama dua tahun, sementara Bumdes selama lima tahun sesuai dengan aturan yang ada, " ujar Kades. 

Dirinya meminta kepada dua pengurus organisasi masyarakat yang dilantik hari ini agar mampu menjalankan tugas sesuai aturan dan mekanisme serta mampu membantu masyarakat kedepannya, " harapnya. 

"Khusus Bumdes sendiri, dengan modal yang minim ini diharapakan mampu berkembang serta transparan dan selalu terbuka dan insyaallah di tahun 2024, melalui Dana Desa penyertaan modalnya akan ditambah, " kata Arif Fahmi. 

Lanjutnya, penambahan ini akan dilihat kemampuan mereka mengelola yang ini, " tegas Kades. 

"Bagi Karang Taruna juga akan dimaksimalkan juga tahun 2024," terangnya. 

Camat Madapangga Tajudin M Nor meminta kepada pengurus Karang Taruna dan BUMDES agar mampu berperan penting di tengah masyarakat. 

"Khusus Bumdes sendiri, agar bisa mampu sukses dan maju dalam pengelolaannya untuk kemakmuran masyarakat sesuai dengan potensi desa Tonda, " pintanya. (RED) 

No comments

Powered by Blogger.