Peduli Lingkungan Hidup, HMS Hadiri Bimtek Merkuri Di Kabupaten Sumbawa Barat

Keterangan foto: Saat HMS Hadiri Bimtek Merkuri di kabupaten Sumbawa Barat. 


SUMBAWA  BARAT, KabaroposisiNTB. Com–Dalam mencegah bahaya merkuri, melalui Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan Dr H Muhammad Syafrudin ST, MT, anggota DPR RI Komisi IV bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa Barat mensosialisasikan melalui bimbingan tehnik (Bimtek) pada minggu kemarin (15/10).


Untuk diketahui bersama Anggota Komisi IV DPR-RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB I Pulau Sumbawa Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS turut menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertempat di Hanipati Resto Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.


“Merkuri/raksa merupakan unsur kimia, berupa logam berat yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan hidup. Pasalnya, Merkuri elemental merupakan bahan kimia yang bersifat logam cair berwarna perak, mudah menguap pada suhu ruang dan uapnya dapat berpindah jauh melalui atmosfer” Kata HMS tiga periode kepada awak media minggu (22/10/23).


HMS mengatakan di Indonesia, merkuri sebagian besar digunakan pada Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) untuk proses amalgamasi emas. Selain itu kata dia, merkuri juga digunakan di sektor industri klor-alkali dan sektor kesehatan (alat-alat kesehatan).


“Dampak pencemaran merkuri terhadap kesehatan yang ditimbulkan meliputi tremor, gangguan motorik, gangguan syaraf, pencernaan, kekebalan tubuh, ginjal dan paru-paru, serta iritasi kulit, mata dan saluran pencernaan.” jelasnya


Sementara itu, Heriyanto, ST Kabid Pembinaan dan pengawasan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengatakan, Bintek ini terkait dampak Mercuri sangat relepan dengan yang terjadi di KSB, secara aturan juga menyatakan bahwa penghentian penggunaan Mercuri agar lingkungan terselamatkan.


“Bahwa kegiatan bintek tersebut sangat baik untuk memberikan gambaran tentang kegiatan masyarakat terutama penambang emas di KSB dan memastikan bahwa aktifitas tersebut harus memperhatikan good mining practice, dan tata kelola lingkungan yang baik,agar lingkungan tidak tercemar,” terangnya


Ia menyampaikan, terimakasih dan apresiasinya kepada Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM anggota DPR RI Komisi IV yang membidangi Pertanian, Lingkungan Hidup,Kehutanan dan Kelautan bisa hadir dalam kegiatan bimbingan tehnik (Bimtek) di Kabupaten Sumbawa Barat.(Marlin) 

No comments

Powered by Blogger.