Kembali, HMS Alokasikan Program Klaster Bagi Petambak Udang di Pulau Sumbawa

Keterangan foto: HMS Dengan Bantuan Klaster bagi Nelayan di Sumbawa. 


Sumbawa, KABAROPOSISINTB. COM-- Anggota Komisi IV DPR-RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB I Pulau Sumbawa Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM. akrab disapa HMS yang dikenal Peduli dan Sederhana melalui aspirasinya kembali memberikan bantuan klaster tambak udang kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Sumbawa. Seperti diketahui selama ada di Komisi IV bantuan Klaster untuk tambak udang selalu di salurkan tiap tahun selama ini. 


Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo bekerjasama 

dengan anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi Pertanian, Kelautan, Perikanan, Kehutanan dan Bulog, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa dan Penyuluh serta Stakeholder terkait kelompok - kelompok pembudidaya di Sumbawa.


Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM mengatakan,secara bertahap dirinya mengajukan kepada pemerintah pusat untuk kegiatan klaster ini sehingga semua petambak udang di pulau Sumbawa akan mendapatkan manfaat lebih, guna peningkatan produksinya.


Menurut Suwandono Adhi atau akrab disapa Iwan sebagai Staf Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada anggota DPR RI dari Fraksi PAN Dr.H.Muhammad Syafruddin,ST,.MM. melalui aspirasinya beliau di Dapil NTB I Pulau Sumbawa. 


Iwan mengatakan, kegiatan klaster tambak udang di Kabupaten Sumbawa ini merupakan salah satu program prioritas nasional dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka peningkatan ekspor untuk pemenuhan target atau kebutuhan pasar dan program ketahanan pangan nasional, maka pemerintah dalam hal ini KKP mendorong peningkatan produksi udang. Upaya peningkatan produktivitas udang dapat dilakukan dengan membuat kegiatan dan percontohan berupa klaster tambaj udang di kawasan yang memiliki potensi perikanan dengan penerapan teknologi semi intensif atau intensif yang berkelanjutan. Dengan adanya klaster tambak udang ini diharapkan terjadi percepatan pengembangan yang signifikan di kawasan tersebut.


Terdapat 2 kelompok penerima bantuan klaster tambak udang Sumbawa. "Paket pertama untuk Pokdakan Vanami Sukses Lestari dengan ketua Nurdin Marjuni beralamat di Dusun Pidang, Desa Lab. Pidang, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa dengan luasan 5 Ha. Kemudian paket kedua di terima Pokdakan Cahaya Buin Baru, ketua Ramanda Sahroni alamat Dusun Propok, Desa Buin Baru, Kecamatan Buer Kabupaten Sumbawa dengan luasan 5 Ha," terangnya 


"Paket bantuan klaster tambak udang Sumbawa ini terdiri dari dua bagian, yaitu pertama konstruksi tambak, dan kedua adalah sarana dan prasarana pendukung mulai dari benih, dan peralatan seperti pompa, kincir, genset sampai pada pembangunan pendukung seperti gudang pakan, rumah operator dan rumah genset serta dukungan teknis atau pendampingan teknis yang diberikan untuk kelompok penerima dari mulai persiapan, kontruksi, persiapan tebar hingga teknis budidayanya." ujarnya 


Iwan berharap kepada kelompok yang menerima klaster tambak udang ini, agar dapat secara mandiri mengelola tambak klaster yang sudah di serahkan serta melaksanakan budidaya secara berkelanjutan, ramah lingkungan dan dapat berkembang dan meningkatkan produksi budidaya khususnya udang serta bisa menularkan ilmunya kepada kelompok lain berbudidaya.(Marlin)

No comments

Powered by Blogger.