HMS Gelar Bimtek Untuk Meningkatkan Pertanian Kota Bima, Hadirkan Petani Serta Penyuluh

Keterangan foto: Saat Kegiatan Bimtek HMS di Mutmainah. 


KOTA BIMA,KabaroposisiNTB. COM_Dalam meningkatkan pertanian kota Bima, selama duduk di Komisi IV Dr. H. Muhammad Syafrudin ST, MM, selalu berbuat untuk kepentingan para petani baik melalui penyuluhan dan bantuan alsintan selama ini. Baru baru ini, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin, ST,. MM bersama Kementrian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di wilayah kordinasi Polteknik Pembangunan Pertanian Malang Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, bertempat di Hotel Mutmainah Kota Bima, pada 15 juni 2024.


Jakaria staf Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM menyampaikan, kegiatan Bimtek meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani serta penyuluh adalah sebagai Amanah bagi anggota Komisi IV DPR-RI dari Fraksi PAN Dr H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang akrab disapa HMS ini sudah ke sekian kalinya melakukan Bimtek di Kota Bima terhadap para penyuluh dan petani melalui Aspirasinya.


“Kegiatan Bimtek ini sangat bermanfaat karena bisa memberikan peningkatan kapasitas dan kwalitas SDM para penyuluh dan petani di kota Bima," Jelas Jakaria. 


Disisi lain, kegiatan seperti ini dilakukan setiap tahun sejak dulu, agar peserta disamping menerima materi juga dalam bentuk praktek lapangan, " Bukti kepedulian HMS bagi Petani kota Bima. 


Ia sangat bersyukur pelatihan ini bisa dilaksanakan karena mengingat saat ini kita masih dihadapkan pada situasi terjadinya inflasi terhadap beberapa komoditi pertanian,sehingga banyak mengalami hambatan- hambatan dalam pengelolaan usaha taninya,namun dengan adanya bimtek ini bisa memberikan semangat dan motivasi kepada penyuluh dan petani.


”Bimtek kali ini disampaikan terkait komoditi selain tanaman padi dan jagung juga tanaman bawang merah yang musim panennya sekitar 2 bulan, dengan tanam bawang merah petani bisa meningkatkan perekonomiannya.” ungkapnya. 


Jakaria berharap,dengan di lakukan pelatihan Bimtek Peningkatan Kapasitas petani dan penyuluh bisa mengimplementasikan ilmu yang sudah di dapat dari pemateri kegiatan tersebut. 


“HMS di komisi IV berharap para petani dan penyuluh di pulau Sumbawa mampu memberikan yang terbaik, sehingga menjadi petani yang unggul, maju,mandiri dan modern,” tuturnya 


Staf HMS ini juga menambahkan, kolaborasi antara penyuluh dan petani sangat penting untuk menjaga dan meningkat produksi tanaman pangan di kota bima, karna dari tahun ke tahun lahan sawah di kota bima semakin sempit di sebabkan karna Alih fungsi lahan tanah sawah untuk pembangun pemukiman rumah warga, oleh karna itu untuk mendukung peningkatan produksi tanaman pangan di kota bima maka HMS sebagai representasi petani memberikan bantuan padi di tahun anggaran 2024 ini lewat aspirasinnya," Tambah Jakaria. (RED)

No comments

Powered by Blogger.