7 Desa Di Woja, Pengesahan APB-Des Clear Untuk BLT

Foto: Suherman, S.Pt, Camat Woja Kabupaten Dompu.

Dompu,KABAROPOSISI.Com--Ditengah Pandemi Covid_19, Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB-DES) pengesahan untuk Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari 11 Desa se kecamatan Woja Baru 7 Desa yang memenuhi syarat pencairan. Demikian disampaikan Camat Woja Suherman, S.Pt, Kamis (14/5).

Suherman menjelaskan salah satu syarat untuk perubahan APBDes harus melalui Musyawarah dan mufakat tingkat dusun dan desa bersama masyarakat dan lembaga-lembaga desa setempat," ungkap Camat Woja dirung kerjanya.

Dikatakannya, untuk perubahan APBDes dapat dilakukan apabila terjadi keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran antar jenis belanja item. Dimana keadaan ini menyebabkan SilPA tahun sebelumnya harus digunakan, penambahan atau penggurangan pendapatan desa pada tahun sebelumnya terus berjalan," Jelasnya.

Adapun 7 Desa yang sudah selesai pengesahan APBDes yaitu Desa Riwo, Desa Madaprama, Desa Bara, Desa Nowa, Desa Bakajaya, Desa Serakapi, dan Desa Saneo. "Sementara Desa yang belum mengajukan pengesahan yaitu Desa Mumbu, Desa Matua, Desa Rababaka, dan Desa Wawonduru," terang Camat.

Ia berharap kepada kepala desa yang belum mengajukan pengesahan agar segera diajukan karena deadline waktu pencairan untuk BLT ini sangat terbatas," Tambahnya.

Sementara pencairan BLT tahap pertama akan di lakukan pada pertengahan Mei ini, tahap kedua akan dibayar akhir Mei dan tahap ketiga akan dibayar awal Juni.

Ditambahkannya, kepala desa yang belum mengajukan pengesahan agar segera mungkin untuk mengajukan pengesahan tersebut, "jika terlambat nanti kena sangsi lagi Kasian masyarakatnya". Tuturnya.

Iapun berharap pada kepala desa pada saat penerimaan BLT, Masyarakat di anjurkan selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan siapkan tempat duduk agar selalu jaga jarak minimal 1 Meter. Dan diminta juga pada Babinsya dan Babinkantibmas setiap desa untuk menjaga keamanan di wilayah masing-masing.(KO3)

No comments

Powered by Blogger.