"Wangi Serbat Jahe IKM Bunga Rosa"

Mataram,KABAROPOSISINTB.Com-- ditengah pademi yang melanda perindustrian IKM jahe lombok Timur, mendorong ekonomi NTB maju, (13/08).

Hj. Nuryanti, selaku Kepala Dinas perindustrian NTB menjelaskan, Jahe sebagai minuman kesehatan telah dikenal sejak jaman nenek moyang. Diolah dengan cara dipotong2 kecil dan direbus merupakan cara yang dikenal turun temurun. Saat ini keberadaan jahe sebagai minuman tradisional telah dikemas secara apik dalam bentuk serbat jahe, jelasnya.

Lanjutnya, Serbat jahe saat ini sudah diproduksi dalam bentuk yang lebih ringkas dan menarik  Telah banyak IKM NTB yang telah memproduksi serbst jahe dengan berbagai variasi kemasan dan ukuran  Diantara sekian banyak IKM NTB yang memproduksi serbat jahe, salah satunya adalah IKM Bunga Rosa Kabupaten Lombok Timur, ungkapnya.

Serbat jahe buatan IKM Bunga Rosa merupakan salah satu bentuk olahan jahe sebagai minuman kesehatan. Berbentuk serbuk dan dapat langsung diminum sebagai minuman segar  Disajikan dalam bentuk hangat lebih nikmat. Sebagai minuman kesegaran dan penghangat di musim penghujan.

Serbat jahe ini adalah salah satu produk olahan yang layak untuk dikembangkan sebagai industri rumah tangga oleh kawan2 IKM NTB. Jahe yang mudah dibudidayakan di pekarangan rumah, pengolahan jahe yang mudah dilakukan dan kemasan yang sederhana adalah keunggulan jahe untuk dijadikan industri rumahan. Untuk menambah penghasilan dan memberdayakan IKM NTB. Apalagi jika diintervensi oleh mesin2 kemasan sederhana, akan meningkatkan nilai tambah produk IKM serbat jahe NTB. Peningkatan nilai tambah yang akan mendorong tumbuh kembangnya IKM NTB. Menuju NTB Genilang, paparnya.

Hj. Nuryanti, dirinya sangat berharap terhadap masyarakat NTB, ditengah pademi yg melanda kita semua, marilah kita tunjukkan kreatif dalam bentuk usah untuk  menopang perekonomian masyarakat lebih maju, tuturnya.(KO.O6)

No comments

Powered by Blogger.