Usai di Penapali Woha, HMS Ikut Giat Bimbingan Teknis Nggembe Bolo

foto: HMS DPR RI Ikut Kegiatan Balilitbang BPTP NTB di Nggembe.

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--DPR RI H Muhammad Syafrudin ST, MM, kembali ikut pada kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB, di Desa Nggembe kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, pada Selasa 23 Maret 2021. 

HMS menjelaskan Sektor pertanian masih memegang peran strategis dalam pembangunan nasional karena merupakan sumber pangan bagi penduduk indonesia. Dan ketersediaan pangan harus tetap terjamin terlebih dalam kondisi pandemi covid-19," ucapnya.

"Pertumbuhan penduduk yg terus meningkat berdampak tidak hanya pada peningkatan permintaan pangan, tetapi juga pada permintaan lahan mengakibatkan terjadinya konversi lahan sehingga lahan produktif semakin berkurang," terangnya.

Kata dia, Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian meminta BPTP NTB bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI selaku mitra kerja kementerian pertanian untuk melaksanakan percepatan hilirisasi teknologi hasil litbang kepada petani untuk meningkatkan produksi pangan guna memenuhi permintaan yg terus meningkat, itu menjadi tanggung jawab dirinya juga," jelasnya.

"Salah satu komponen teknologi yang  berperan sangat penting untuk meningkatkan produksi pangan adalah penggunaan benih varietas unggul baru yang memiliki keunggulan produktivitas tinggi, umur genjah, tahan terhadap gangguan hama penyakit dan gangguan iklim," kata HMS.

Sambung HMS, Berdasarkan data BPSB NTB, penggunaan varietas unggul baru (vub) di NTB baru mencapai 55,6%, artinya masih banyak petani yg masih bertahan dengan varietas unggul sedang  dan bahkan varietas lokal. Kemungkinan penyebabnya adalah tidak tersedianya benih VUB di lapangan," ungkapnya.

"Anggota DPR RI Fraksi PAN ketiga kalinya ini, bersama Dinas Pertanian Kabupaten Bima melaksanakan Bimbingan Tekhnis dengan Varietas Unggul Baru untuk para petani yang didukung oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB, semoga bermanfaat, Petani Maju, Mandiri, Modern, kedepan," harapnya.

Pada kesempatan itu juga, HMS memberikan bantuan benih kepada Koptan Nggembe.(KO.O1)


No comments

Powered by Blogger.