Bersama LIPI, Bawaslu Bima Perkuat Pemahaman Pemilu Kepada Disabilitas

Kabupaten BIMA, KabaroposisiNTB. COM___Pemuda yang tergabung dalam forum lingkar Pinggir menjadi fasilitator Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bima dalam kegiatan Penguatan Pemahaman Pengawasan Pemilu kepada pemilih disabilitas di aula SMA 2 woha, Sabtu(11/3).

Kegiatan yang membahas terkait dengan peran Disabilitas dalam pemilihan umum itu, mengahdirkan  penyandang  Disabilitas sensorik dan disabilitas fisik  serta menghadirkan juru bahasa isyarat (JBI) yang menerjemahkan pembicaraan dalam kegiatan itu.

Koordinator divisi pencegahan parmas dan humas Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin, S.Pd  menyampaikan dalam sambutannya bahwa sebagai penyelenggara pemilu, Bawaslu maupun KPU punya kewajiban untuk memberikan pemahaman kepada penyandang disabilitas terkait dengan hak  konstitusional mereka yang sudah dijamin oleh negara. selain itu lanjutnya, kami juga ingin memastikan dalam pendataan yang dilakukan oleh petugas pemuktahiran data pemilih apakah sudah sesuai dengan prosedur dalam mendata pemilih yang berstatus disabilitas, sebutnya.

Joe, sapaan anggota Bawaslu Bima itu juga meminta kepada peserta untuk berkerja sama dalam menjaga dan mengawal Hak Pilih, "minimal menjaga dan mengawal Hak pilih mereka mereka sendiri, terlepas dari jajaran Bawaslu yang slalu sigap dalam melakukan pengawasan, jelasnya.

Sementara itu Kepala sekolah SMAN 2 Woha Muhammad Ali, SE mengucapkan terimakasih kepada pihak Bawaslu dan lingkar pinggir karena memilih SMAN 2 woha sebagai tempat penyelenggaran kegiatan tersebut. 

Menurutnya, bahwa warga yang menyandang Disabilitas ini sangatlah terbatas dalam mendapatkan informasi terkait dengan pemilu, sehingga sangat penting kegiatan seperti ini dilakukan dalam suasana politik seperti sat ini, jelasnya.

Kepala sekolah SMA 2 Woha itu juga meminta kepada Pihak Bawaslu selain memberikan pemahaman kepada disabilitas Bawaslu juga memberikan pemahaman terhadap batasan-batasan ASN terkait dengan keterlibatannya dalam Pemilu.(RED) 

No comments

Powered by Blogger.