HMS terus Sosialisasikan Gemar Makan Ikan Perangi Stunting Bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan

Keterangan foto: Saat HMS di kegiatan Sosialisasi Stunting. 


BIMA, KabaroposisiNTB. CoM--- Anggota Komisi lV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB I Pulau Sumbawa Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS dalam membantu masyarakat memerangi Stunting selalu mensosialisasikan gemar makan ikan. Baru baru ini, HMS menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI mengelar kegiatan Bimtek di kkabupaten Sumbawa bersama masyarakat. 


Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM melalui mengatakan,bahwa stunting sudah menjadi salah satu focus utama di Indonesia dan masih harus dilakukannya pencegahannya hingga saat ini. 


"Menurut WHO stunting sendiri diketahui sebagai gangguan tumbuh kembang anak yang ditandai dengan tubuh pendek karena kekurangan asupan gizi, terserang infeksi, ataupun stimulasi yang tidak memadai, " ucap HMS. 


Dengan kondisi ini, menjadi tanggung jawab moral dirinya selaku anggota DPR RI untuk terus mensosialisasikan gemar makan Ikan agar anak anak bangsa di Pulau Sumbawa dapat menjadi anak yang cerdas, " harapnya. 


Disisi lain, lanjut HMS menegaskan konsumsi ikan dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi sehingga dapat membantu dalam pencegahan stunting, " tambahnya. 


"Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas.” terang Politisi PAN pada Rabu (30/01/24).


Ditambahkan HMS, sementara pemerintah telah membuat program nasional yaitu GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) sebagai upaya peningkatan gizi sejak dini dan meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Indonesia mulai tahun 2004," tambahnya. 


” Memasyarakatkan makan ikan diharapkan komoditas ikan lebih dikenal lagi di kalangan masyarakat khususnya anak-anak karena memiliki kandungan gizi yang optimal seperti omega 3, protein, vitamin, mineral, dan kolestrol baik serta cenderung memiliki harga yang terjangkau.” tegasnya


Ia menuturkan,dilihat dari banyaknya gizi yang dimiliki ikan, konsumsi ikan yang rutin juga dapat bermanfaat untuk pencegahan stunting pada anak dan pada ibu hamil, selain itu juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan mengurangi resiko stroke.


” Alhamdulillah dipulau Sumbawa seluas 15.448 Km2 yang di kelilingi laut pantai tentu potensi nelayan sangat banyak,sehingga untuk mengkonsumsi ikan segar setiap harinya sangatlah mudah.Mengajak seluruh masyarakat pulau Sumbawa agar gemar makan ikan,” tutupnya. (MARLIN).

No comments

Powered by Blogger.