Hutan Sebelah Selatan Rumah Makan BBA Terbakar

Bima,Kabaroposisi--Pada hari Selasa tanggal 20 Agustus 2019 sekitar pukul 11.00 wita bertempat di So Doro Belo tepatnya di sebelah Selatan RM BBA Doro Belo Desa Belo Kec. Palibelo telah terjadi kebakaran lahan dengan luas sekitar 3 Ha dengan sumber titik api berawal dari kebakaran rumput kering dan merembet ke pagar ladang di pinggir jalan lintas tanjakan Doro Belo yang kemudian merambat/menyebar ke lahan milik warga disekitar.

Menindak lanjuti kejadian tersebut Personil Sub Sektor Palibelo yang dipimpin langsung oleh kasubsektor Palibelo IPDA SUMARDIN  langsung menuju ke TKP dan menghubungi Satgas Karhutla polres  Bima , setelah personil gabungan fungsi yang tergabung dalam  Satgas Karhutla Polres Bima  di pimpin oleh  Kabag ops KOMPOL JAMALUDDIN S. Sos tiba di lokasi kebakaran untuk malakukan memadaman api dengan menggunakan mobil tangki milik Polres bima dan peralatan   manual berupa  ranting pohon dan kayu,  mengingat lokasi  kebakaran  banyak bebatuan sehingga mobil tangkuban tidak bisa  menjangkau dan hanya melakukan pemadaman sumber api  di  pinggir jalan raya.

Dugaan sementara  penyebab kebakaran diindikasikan karena kurang kesadaran masyarakat yang membuang puntung rokok dipinggir jalan sehingga terjadi kebakaran daun-daun kering dan rumput kering dan merembet ke pagar milik warga sekitar,  dan api berhasil di padamkan pada pukul 13.00 wita.
 
Kapolres Bima AKBP BAGUS S WIBOWO S. Ik melalui Kasubbag Humas IPTU HANAFI mengajak kepada masyarakat pemilik lahan  untuk meninggalkan kebiasaan  membersihkan lahan dengan cara membakar rumput,  semak belukar dan  juga membabat pohon pohon yang tumbuh di atas lahan serta menghimbau  bila membuang puntung rokok agar betul2 memastikan api rokok sudah padam.(koo1hum)

No comments

Powered by Blogger.