Kembali, Karhutla Terjadi di Monta

Bima,Kabaroposisi--Kembali Wilayah Kecamatan Monta Kabupaten Bima,Provinsi NTB, Pada hari Jum at , tanggal 23  Agustus 2019, sekitar pukul 23. 30 . wita, bertempat di atas perbukitan  di So watasan  Desa Sie  Kec. Monta  telah terjadi  Karhutla yakni Kebakaran lahan berupa daun Jati dan  semak belukar kering.

Melalui Kasubbag Humas Polres Bima IPTU Hanafi menjelaskan Diketahui Terjadinya Karhutla dan titik api diketahui   dari aplikasi Hotspot  LAPAN dan  Informasi dari  masyarakat , kemudian di tindak lanjuti oleh Kapolsek  Monta IPTU TAKIN  bersama Kasubsektor Wilamaci AIPTU SYAHRIL  dan anggota piket Polsek Monta , langsung menuju lokasi Karhutla  di atas bukit di ujung kampung di Desa Sie Kec Monta.

 Sambungnya, Beberapa menit kemudian datang bantuan  1 unit mobil Damkar dari Kecamatan  Monta bersama anggota Pol Pp Kec monta , kemudian   di susul lagi bantuan 1 unit  mobil Damkar dari  Pemkab  Bima , bersama anggota Pemadam kebakaran  dan gabungan  dari Pol Pp Pemkab Bima  serta  dari anggota Kehutanan Kec Monta.

Ditambahkannya,Berhubung lokasi kebakaran ( titik api)  berada di perbukitan maka Mobil Damkar tidak bisa menjangkau titik api kebakaran dan hanya  stand by untuk  mengantisipasi api yang  menjalar di pinggir jalan raya atau lokasi yang bisa di jangkau oleh  Mobil damkar sehingga pemadaman di lakukan secara manual menggunakan  ranting pohon dengan cara  memukul pada titik api   sehingga   lahan yang terbakar di perkirakan seluas 2 s/d 3 ha berhasil di padamkan sekitar pukul 00.30 wita dini hari  ,

 Selain personel  Polsek Monta sebanyak 5 orang   yang di pimpin oleh Kapolsek IPTU TAKIM  dan Ka subsektor Wilamaci AIPTU SAHRIL   juga  personel gabungan Pol PP dari Camat Monta dan Pemkab Bima sebanyak 10 orang, personel Damkar sebanyak 10 orang dan Babinsa Desa Sie.

 Kapolres Bima AKBP BAGUS S. WIBOWO S.ik melalui Kasubbag Humas mengajak dan menghimbau kepada pemilik lahan untuk menghilangkan kebiasaan membakar lahan sebelum musim tanam  karena berdampak disamping terjadi polusi udara dan juga api dapat  mematikan semua pohon yang tumbuh di lokasi pembakaran bahkan sumber api  akan menjalar ke hutan tutupan negara atau hutan lindung.(koo1hum)

No comments

Powered by Blogger.