Pelaksana DI Sari Nggembe Diminta Tidak Cari Untung

Foto:Arifin Sekretaris Golkar Bolo.
Bima,Kabaroposisi--Tokoh masyarakat Desa Nggembe Kecamatan Bolo, Arifin H. M. Saleh, S. Sos, meminta kepada Pelaksana Pembangunan Daerah Irigasi (DI) Sari Nggembe yang berlokasi di area pertanian desa setempat agar dalam kegiatan tersebut tidak cari untung. Tapi pihak pelaksana dalam hal ini CV. Surabaya Kota Bima diminta bekerja secara profesional sehingga azas manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat dalam waktu yang lama.

Hal itu, kata Arifin, kegiatan dengan nilai Rp. 1,7 millyar yang bersumber melalui APBD Kabupaten Bima Tahun 2019 tersebut untuk bahan material seperti batu dan pasir ada di sekitar lokasi. Mengingat hal itu, jelas Arifin, mestinya dalam kegiatan itu ada pengembangan. “Dalam RAB sudah jelas bahan material diambil di luar bukan diambil di sekitar lokasi. Nah, kalau pun bahan material menggunakan bahan material yang ada di sekitar lokasi kegiatan, maka wajib hukumnya ada pengembangan,” tutur dia.

Lanjut dia, kalau pun sudah ada komitmen antara pihak Pemdes dan pelaksana kegiatan DI Sari Nggembe bahwa disepakati untuk membantu kelanjutan pembangunan masjid yang ada di desa setempat atau yang lainnya. Maka Pemdes wajib menyampaikan ke warga melalui kegiatan kemasyarakatan bahkan lewat pengeras suara yang ada di masjid, sehingga tidak memunculkan asumsi asumsi negative. “pada prinsipnya kita terima jika ada komitmen seperti itu. Namun  harus disampaikan ke publik agar tidak berpolemik,” tegas dia.

Dirinya berharap, apa yang kita sampaikan ini bisa diterima dengan baik. Karena apa yang disampaikan ini merupakan isi hati warga desa setempat yang masih simpang siur terkait kegiatan yang dimaksud,” tutup Ketua PK Partai Golkar itu.

Pj kades Nggembe, Adnan, S. Sos, menyampaikan bahwa terkait hal itu memang ada komitmen pihak pelaksana dengan Pemdes Nggembe. Yakni saat peletakan batu pertama pembangunan DI Sari Nggembe beberapa waktu lalu, pihak pelaksana siap membantu masyarakat. “Pihak pelaksana sudah berkomitmen dengan Pemdes akan membantu kelanjutan pembangunan masjid desa setempat,” ucap Adnan.

Selain itu kata Adnan, pihak pelaksana juga akan melakukan pengembangan yakni berkaitan dengan saluran irigasi sekitar DI Sari Nggembe sehingga petani tidak kesulitan saat mengairi lahan pertanian. “Ada dua komitmen saat itu, pelaksana membantu kelanjutan pembangunan masjid dan saluran irigasi. Hal itu disaksikan juga oleh Camat Bolo karena beliau juga hadir saat peletakan batu pertama pembangunan DI Sari Nggembe beberapa waktu lalu,” tutup Adnan.(koo1)

No comments

Powered by Blogger.