Undur Dirinya Ketua Bumdes, Kades Minta Laporan Pengelolaan Dana

Foto:Furkan Ketua Bumdes Ncandi 
Bima,Kabaroposisi--Adanya pengunduran diri Furkan selaku ketua Bumdes periode 2017-2019 yang diajukan dua bulan lalu, Kepala Desa Ncandi Kecamatan Madapangga,Kabupaten Bima,NTB, M.Said H M Mansyur meminta laporan pertanggung jawaban kepada pengurus.
Demikian disampaikan oleh Kades pada awak media ini diruang kerjanya,pada Selasa(20/8/19).
" Bumdes yang terbentuk pada 2017 lalu pasca terbentuk hingga sekarang telah  dikucurkan dana desa sebesar Rp 32 Juta saat itu. Dimana dari tahun 2016 sebelumnya dana desa senilai Rp 25 juta dikelola oleh UP2K sebelum terbentuk Bumdes dirinya meminta kepada pengurus Up2K desa, " terang Kades.

Pada awal pembentukan bumdes 2017 lalu, mereka diminta untuk mengelola dana awal dari tahun 2016 lalu melalui Up2K  saat itu. Paaca terbentuk pemdes kucurkan dana 32 Juta, hari ini pemerintah desa meminta laporan pertanggung jawaban atas pengelolaan dana tersebut," pintanya.

Cerita dia,pada tahun 2018 lalu melalui Apbdes awal pemerintah desa merencanakan akan mencairkan anggaran 100 juta. Akan tetapi melalui Apbd perubahan dana itu dialihkan ke  jalan tani menuju kuburan serta keperluan belanja pembuatan embun sederhana pada waktu itu.

Masih kata kades, sesuai dengan rencana ApBdes awal pada tahun 2019 ini Bumdes akan mendapatkan anggaran sebesar 90.943.708. "Sehingga adanya pengunduran diri ketua bumdes, laporan harus diterima pihaknya atas pengunaan dana tersebut". Jelasnya.

Disisi lain pembentukan Bumdes baru akan dibentuk dalam waktu dekat ini, guna mendukung program pemerintah desa," tegas M.Said H.Mansyur.

Ditempat yang sama Furkan ketua bumdes desa Ncandi yang terpilih pada tahun 2017 lalu mengungkapkan pelaporan penggunaan dana sebesar 32 juta saat ini telah disusun. Akan tetapi dana dari UP2K hingga hari ini belum diterima pihaknya, setelah terbentuk harus di serahkan sesuai dengan instruksi kades.

Lanjut dia, dirinya telah mengundurkan diri 2019 dua bulan lalu itu memang benar adanya. Dirinya berjanji laporan akan segera di bawa kepada pemerintah desa sebagai pertanggung jawaban Bumdes Desa Ncandi," tandasnya di ruangan kepala desa, pada selasa(20/8/19).


Disinggung terkait pengunduran dirinya dia tidak menjelaskan apa yang menjadi penyebabnya.(koo1)

No comments

Powered by Blogger.