Tak Sesuai Diusulkan, Bantuan Benih Jagung Disorot

foto: Ketua LSM LP2R Bima NTB, Beserta Jenis Jagung Bibit Bantuan Distanbun Kota Bima.
Kotabima,Kabaroposisi.Com--Bantuan Bibit Jagung merek Betrat 1 yang di salurkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kota Bima, disorot oleh Ketua Umum LSM LP2R Bima NTB. Pasalnya Bibit yang salurkan melalui CV Anamar Wahana Simarasa sebanyak 97,5 ton untuk Kelompok Tani di nilai tidak cocok untuk tanam di Daerah Kota Bima.

Basrin selaku Ketua LP2R BIMA NTB, mengatakan bantuan Bibit jagung merek Betrat 1 disalurkan oleh Dinas Pertanian Kota Bima tidak cocok untuk Petani di Kota Bima,  apalagi penyaluran Bibit itu hanya untuk uji coba untuk di tanam dilahan Petani. Lahan Petani bukan tempat uji coba untuk bibit Jagung para Pabrik jagung," terang Basrin Kamis,  (26/12/2019).

Lanjut dia, Pemerintah perlu memperhatikan Kualitas bibit yang  disalurkan terhadap pertani. Karna,  petani bukan tempat untuk uji coba untuk penanaman Bibit, untuk itu ia mendesak pada pihak pemerintah melalui Dinas terkait agar memperhatikan kualitas Bibit yang disalurkan terhadap petani," pintanya. 

"Petani tidak mau rugi, petani bukan tempat uji coba. Dari hasil keterangan sejumlah petani dilapangan,  kata dia, Bibit jagung yang diajukan atau diminta oleh Kelompok beberapa bulan lalu bukan Bibit merek Betras 1. Tapi,  melainkan Bibit yang sudah pernah ditanam Masyarakat tanam selama ini yang sudah pernah di ketahui hasilnya.

Sambung dia, Anehnya lagi yang diajukan seluruh Kelompok Tani Bibit NK 7328 SUMO, Bisi 18.Tapi, ternyata bibit yang datang Bibit uji coba merek Bibit Bestras. 90 porsen petani di Kelurahan Panggi, Kelurahan Rontu, Kelurahan Oi Fo,o dan Keluhan Nitu tidak menanam bibit itu," terangnya.

Lucunya lagi, Seluruh Petani jagung yang ada di Kota Bima tidak pernah mengenal atau menanam Bibit Betras 1 ini,  petani di Bima hanya mengenal Bibit yang sudah pernah mereka tanam dan sudah mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Bibit NK 7328 Sumo atau Bisi 18 yang biasa petani Kota Bima tanam selama ini karna hasilnya sangat memuaskan bagi petani jagung," jelasnya. (K003)

1 comment:

Powered by Blogger.