Tuntut Keadilan, Kembali Warga Mpuri Blokir Jalan

foto: Saat Pemblokiran Jalan.
BIMA,Kabaroposisi--Kembali warga Desa Mpuri Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, menutup jalan lintas pedesaan Woro terkait persoalan wilayah hutan watasan di lokasi hutan So Lano yang diduga digarap oleh oknum warga Desa Woro. Aksi ini dipicu terlambatnya penanganan perkara yang telah dilaporkan warga Mpuri atas adanya warga Desa Woro yang mengarap di lahan tersebut yang sebelumnya pernah diberitakan media ini. 

Pemblokiran jalan ini sempat membuat macet dan bahkan warga yang lalu lalang di sekitar jalan tersebut. Aksi warga Desa Mpuri ini berlangsung dari pukul 13.00 Wita hingga pukul 15. 30 Wita, pada Rabu (04/12/2019). 

Pantauan langsung di lapangan, aksi penutupan jalan lintas pedesaan ini terjadi sekira pukul 13.17 Wita, Rabu (4/12/2019). Warga Mpuri menutup jalan menuntut kinerja polisi (Polsek) Madapangga yang berjanji akan melakukan proses hukum terhadap oknum pelaku yang sengaja menyerobot lahan hutan dalam wilayah Desa Mpuri.

Menurut warga setempat Yan aksi ini adalah yang kedua kali, sebelumnya mereka lakukan pada beberapa waktu lalu lakukan hal yang sama dan dijanjikan akan di proses," jelasnya. 

Sambung dia, merujuk dari hasil kesepakatan bersama yang dimediasi di Kantor Camat Madapangga menjadi keputusan bahwa lahan hutan yang dipersoalkan itu merupakan wilayah hukum Desa Mpuri. Namun baru-baru ini, beberapa oknum warga asal Desa Woro kembali berulah dan telah menggarap sekitar 10 hektar lahan hutan yang masih dilindungi warga dalam wilayah hukum desa Mpuri.

" Satu tuntutan yang menjadi keinginan warga Mpuri adalah agar polisi secepatnya melakukan proses hukum oknum yang sebelumnya dilaporkan oleh warga Desa Mpuri terkait penggarapan lahan hutan yang menjadi wilayah hokum Desa Mpuri.
foto: Situasi Negosiasi Sebelum Buka Jalan.
Hingga berita ini diturunkan pemblokiran jalan telah dibuka dengan adanya kesepakatan dari pihak polisi akan di panggil saat pertemuan dengan Kapolsek, Danramil Bolo, Camat Madapangga,  dan dikawal Kasat Sabhara Polres Bima bersama anggotanya, Sat Pol Pp camat Madapangga. (Koo1)

No comments

Powered by Blogger.