Dosen FKIP Kembangkan Kompetensi Pengajaran Dan Pembelajaran Berbasis Teknologi

foto: Kegiatan Pelatihan Dibimbing Dosen FKIP UGJ.
Semarang,KABAROPOSISI.Com--Dosen FKIP UGJ tetap setia membantu guru sekolah menggembangkan Kompetensi pengajaran dan pembelajaran berbasis Teknologi. Demikian disampaikan Neneng Aminah S.Pd, pada media ini, Senin (27/1/2020).

Neneng Aminah menyampaikan pada dasarnya generasi sekarang merupakan generasi yang tidak lepas dari yang namanya teknologi. Semua aktifitas sehari-hari di luar atau dalam kelas akan cenderung menggunakan perangkat teknologi," ungkapnya.

Ditambahkannya, dimana saat ini teknologi di pengajaran sekolah dasar dan sekolah menengah, serta harapan dan keterlibatan orang tua sangat berbeda dari generasi sebelumnya," tuturnya. 

Diakui, Beberapa peneliti ini bahkan memprediksi pergeseran paradigma pengajaran di semua jenjang pendidikan yang mengarah pada kemudahan pada eksplorasi dan pengelolaan materi pengajaran dan pemahamannya," akurnya.

Sebanyak 30 guru dari berbagai Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kabupaten Cirebon yang bernaung dalam MGMP Matematika mengikuti Lokakarya Aplikasi Google Site dalam pembelajaran Matematika yang berlangsung di SMPN 1 Sumber Kabupaten Cirebon, Rabu-Kamis (22-23 Januari 2020).

Pelaksana kegiatan ini di ketuai oleh Neneng Aminah, SPd, M.Pd dan beberapa dosen FKIP UGJ dan kegiatan ini dihadiri pula oleh ketua MGMP Matematika Kabupaten Cirebon, Udin Ikhsanuddin, S.Pd. 

Kegiatan tersebut merupakan wujud pengabdian Dosen FKIP UGJ pada masyarakat yang didanai oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UGJ. Acara ini diharapkan bisa meningkatkan wawasan tenaga pengajar mengenai pemanfaatan information and communication technologies (ICT) untuk pembelajaran dalam hal ini Google Site. Teknik ini diyakini bisa menambah inovasi tenaga pendidik dalam kreativitas pengajaran.

Google Site merupakan suatu tool yang digunakan untuk menciptakan custom website. Mirip dengan wiki, kita dapat mengembangkan situs kita sendiri dalam membuat website dan isinya. Kemudian kita dapat memilih kepada siapa saja situs tersebut dibagikan. Kita dapat menentukan siapa pemiliknya, siapa yang kita izinkan untuk mengedit dan memperbaiki situs, dan siapa yang kita ijinkan untuk melihat situs. Kita dapat membatasi siapa saja yang dapat melihat situs menjadi kelompok kecil dan pribadi atau kita dapat memilih untuk mempublikasikan supaya situs mudah diakses siapa saja di dunia.  Karena situs kita disimpan “di dunia maya”, situs Anda tersedia untuk perangkat apa saja yang yang dapat mengakses internet dan dapat diakses darimana saja yang memiliki koneksi internet tersedia.

Para guru dapat menggunakan situs Google untuk: Membuat halaman web kelas yang memungkinkan kelurga murid tetap mendapatkan informasi tentang berita di kelas, kegiatan yang akan datang, kebijakan-kebijakan dll. Termasuk foto dan video. Memposting tugas, template dan rubrik. Mempostinng tutorial video untuk siswa yang dapat ditonton di rumah sebagai bantuan  tambahan atau agar siswa tidak ketinggalan pelajaran penting  ketika mereka absen/tidak hadir di sekolah.(K001)

No comments

Powered by Blogger.