PEMDES Lanta Barat Adakan Pelatihan, Pengelolaan Bahan Pangan Lokal

foto: Kegiatan Pelatihan.
Bima,KABAROPOSISI.Com--Pemerintah Desa Lanta Barat, kecamatan Lambu, Kabupaten Bima untuk mengawali tahun 2020 mereka mengadakan pelatihan pengelolahan bahan pangan lokal (Oi Ta,a) atau dalam bahasa indonesia di kenal dengan sebutan air lontar untuk di jadikan produk unggulan Desanya, ujarnya saat di lansir oleh media ini, di gedung serbaguna Desa Lanta Barat, Sabtu,(18/01/2020).

Adhar menerangkan, bahwa Desa Lanta Barat kaya akan bahan pangan lokal dan salah satu ciri khas dari Desa Lanta Barat adalah air lontarnya (Oi Ta,a dalam bahasa Bimanya), kalau tidak di kelola dengan baik oleh pemuda serta pemerintah Desa akan menghilangkan marwahnya masyarakat Desa Lanta Barat.
Foto: Oi Ta'a Produk Lokal Desa Lanta.
Menurutnya, " Oi Ta'a "  di Desa kami memiliki rasa yang khas yang tidak di miliki wilayah lain, lihat saja setiap bulan puasa pengujung dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Bima datang kesini untuk melihat pesona pengelolahan serta membeli air lontar (Oi Ta,a) sebagai Minuman favoritnya saat buka puasa. Sehingga dengan adanya pelatihan seperti ini akan menjadikan Desa Lanta Barat sebagai Desa Unggul dalam memberdayakan bahan pangan lokalnya dan bisa meningkatkan pendapatan Desa sekaligus akan mengurangi pengangguran, karena dengan adanya pengelolahan bahan pangan lokal seperti ini tentu nanti akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat khusus kaum milenial, tutur adhar tokoh muda Lanta Barat.

Lebih lanjutnya, adhar menjelaskan bahwa jenis produk yang akan di produksi nantinya akan di bagi menjadi empat jenis Yakni, 1. Minuman Herbal Oi Ta,a. 2. Permen Marmer Oi Ta,a. 3. Manisan Oi Ta,a, dan yang terakhir  Jelly Hot Oi Ta,a. Dalam membangun usaha ini perlu kerjasama yang baik pemerintah Desa Lanta Barat dengan pihak terkait terutama masyarakat,"  jelasnya.

Pelatihan pengelolahan bahan lokal (Oi Ta,a) ini juga di hadiri oleh BAPPEDA Kabupaten Bima, supaya arah dan tujuannya bisa di tangakap dengan cepat oleh pemerintah desa khususnya masyarakat Desa, agar nantinya bisa menciptakan produk-produk Oi Ta,a yang berkualitas dan enak untukd konsumsi.

Adhar juga dalam mengakhari kegiatannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BAPPEDA Kabupaten Bima yang telah baik hati untuk membina serta melatih masyarakat kami, dan insya Allah usaha ini akan mendunia (tersebar luas) di kalangan masyarakat indonesia," tandasnya.(K004)

No comments

Powered by Blogger.