Walau Covid,Pemdes Ndano Tetap Anggarkan Bidang Pemberdayaan Demi Warga

Kepala Desa,Sekdes, Kaur serta Warga Penerima Bantuan.foto:RED.

Kabupaten Bima,KabaroposisiNTB.Com--Memang pemerintah desa melalui Dana Desa(DD) berkewajiban untuk dianggarkan bagi masyarakatnya di beberapa bidang pembangunan, baik fisik maupun non fisik. Sejak Wabah mendunia sejak 2020 lalu dan berlanjut di 2021 ini, penanganan covid sesuai perintah pusat wajib dilaksanakan pemdes desa, begitu juga pemerintah desa Ndano kecamatan Madapangga,Kabupaten Bima,NTB. 

Seperti kita ketahui bersama selain bantuan langsung tunai (BLT) dan penanganan Covid-19 sebesar 8 Porsen dari dana desa di tahun 2021 wajib dianggarkan pihak desa melalui aturan pemerintah pusat. 

Menarik, pihak pemdes Ndano sebesar Rp 88.500.000,- dana desa dipergunakan untuk bidang pemberdayaan yakni untuk pengadaan semprot mesin, pemotong rumput, pengilingan tepung dan molen batu untuk 23 kelompok. Hal ini disampaikan Sekretaris Desa (Sekdes) Muhlis S.Pd, pada media ini, Senin (23/8). 

"Ia menyampaikan, tahapan awal melalui musrembang dengan BPD atas bidang pemberdayaan ini dirapatkan dan disetujui walau kita dihadapkan dengan kewajiban penanganan Covid 19," ujar Sekdes. 

Dikatakannya lagi, masyarakat di desanya mayoritas petani dan pengrajin makanya alat ini sangat membantu mereka," tambah Muhlis. 

"Dirinya tak mengelak 2022 ini, Desa kami akan mengadakan pilkades. Dukungan kades juga atas program ini terlaksanakan begitu kuat demi kesejahteraan masyarakat," imbuhnya. 

Salah satu warga M.Saleh Mahmud Rt 06 mengapresiasi langkah pemdes atas bantuan ini. Walau Dana desa untuk penanganan covid19 sangat besar, tapi melalui program pemberdayaan ini mereka tetap anggarkan, kami 23 kelompok mengucapkan terimah kasih, sukses selalu pemdes Ndano dibawah kepemimpinan Mulyadin H Syukur," tuturnya. 

Sementara itu, Mulyadin H Syukur, menjelaskan sejak dilantik menjadi kades Lima tahun lalu, dirinya berkomitmen untuk membangun desa Ndano demi kesejahteraan masyarakatnya di segala bidang. 

"Kata dia lagi, mayoritas petani dan pengrajin warganya bidang pemberdayaan tiap tahun selalu dilaksanakan melalui dana desa (DD). Alhamdulillah dukungan lembaga desa dan BPD atas rencana pemdes dan musdus didukung demi warganya," Tandas Mulyadin. 

Disinggung akan tampil lagi pada Pilkades yang insyaallah akan dilaksanakan Juni-Juli 2022, dirinya akan tampil lagi, pasalnya masih banyak PR buat membangun Desa Ndano dan dukungan keluarga serta masyarakat masih kuat," akunnya. 

"Insyaallah demi masyarakat dia akan berbuat lagi lebih banyak kedepan, tak kala dimandatkan kedua kalinya," janji Mulyadin.(KO.O4)


No comments

Powered by Blogger.