Sekda NTB Apreasiasi dan Dukung Program Duta Konservasi 100.000 oleh DP Geopart Tambora

MATARAM,KabaroposisiNTB.Com-- Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Lalu Gita Aryadi, M.Si, mengapresiasi program “Lomba Duta Konservasi Tingkat Pelajar SMA/SMK, Gerakan Menanam 100.000 Pohon Se Pulau Sumbawa” yang akan dilaksanakan oleh  Dewan Pelaksana Geopark Nasional Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve bekerjasama dengan Dinas Dikbud Provinsi NTB, Dinas Dinas LHK Provinsi NTB, Dinas ESDM Provinsi NTB, BPDAS HL DMY NTB, BKSDA Provinsi NTB, Balai Taman Nasional Tambora, Kwarda Pramuka NTB, Pemkab/Pemkot Se Pulau Sumbawa, dan lain lain.

“Saya mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Lomba Duta Konservasi ini, Karena kegiatan tersebut sejalan dengan program Pemprov NTB yaitu NTB Hijau, NTB Asri. Mudah-mudahan kegiatan ini menginspirasi kita untuk lebih menjaga lingkungan kita. Mendidik siswa SMA/SMK yang merupakan generasi penerus bangsa untuk peduli pada lingkungannya,” ujar L Gita dalam sambutan Rapat Koordinasi (Rakor) Lomba Duta Konservasi  via Zoom, Kamis (09/12/2021) 

Rakor yang 110 peserta dan dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda NTB, Ir. Muhammad Husni, M.Si, tersebut, juga menghadirkan pemaparan/arahan dari Kepala Dinas LHK NTB, Ir. Madani Mukarom, B.Sc.F, M.Si, Kadis ESDM NTB melalui Ketua Pengda Ikatan Alumni Geologi (IAGI) NTB, Kusnadi, ST. M.Sc, Kepala Dinas Dikbud NTB yang diwakili Kabid Kebudayaan, Ahmad Fairuz Abadi, SH. 

Sementara itu General Manager Dewan Pelaksana Geopark Nasional Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve, Ir. Hadi Santoso, ST, MM, IPM menjelaskan bahwa kegiatan yang direncanakan akan berlangsung pada pertengahan bulan Desember 2021 tersebut merupakan kegiatan menanam 100.000 bibit pohon di hutan dan lahan kritis di Pulau Sumbawa, sesuai peta dari Balai KPH/Dinas LHK NTB, dengan melipatkan 80.000 an siswa SMK/SMA se Pulau Sumbawa.

“Kegiatan ini non budgeting APBD/APBN. Jadi agar sukses akan memaksimalkan kolaborasi dengan instansi terkait. Kami meminta bibit pohon kepada BPDAS HL DMY NTB. Sementara, penanaman kita akan melibatkan Siswa SMK/SMAN se Pulau Sumbawa dengan system Lomba Duta Konservasi. Dimana siswa bukan hanya menanam, tapi wajib merawat pohonnya selama empat bulan.(KO.O3)

No comments

Powered by Blogger.