Pekerjaan Dana Desa Tak Tuntas, Seorang Anggota BPD Sanolo Sorot

Bima,KabaroposisiNTB.Com--Lagi pemerintah desa Sanolo disorot anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atas pekerjaan di tahun 2021 ada yang belum dikerjakan dan administrasi pelaporan dengan fisiknya tak jelas. 

Kata Rasid, Beberapa poin penting yang tidak jelas arah uang negara dan tidak di kelola dengan baik oleh pemdes bahkan fisiknya tak ada yakni Pagar TPA di dusun Sonco dengan Pagu Anggaran sebesar Rp 7.500.000, dan Pagar Polindes di Dusun Sanolo dengan total anggaran Rp 10.000.000, yang fisiknya tak ada hingga saat ini," ucapnya. 

Yang lainnya, SPAL di Dusun Sonco yang belum selesai dikerjakan dengan pagu anggaran  Rp 79.000.000, Pagar So Malino pekerjaan tidak sesuai RAB dengan besarnya anggaran Rp 50.000.000," tuturnya. 

Belum lagi kata Rasid, anggaran 8 % Senilai 69 Juta yang penggunaannya tak jelas, peningkatan kapasitas BPD sebesar Rp 2.700.000, Perjalanan Dinas Kades, Sekretaris Desa,Ketua BPD yang tidak pernah mampu menunjukan bukti bahwa mereka melakukan tugas di luar daerah. Dan penyuluhan di bidang Hukum sebesar Rp 2.500.000. 

"Beberapa item yang belum dan tak jelas pekerjaan ini dalam waktu dekat akan dilaporkan ke Inspektorat dan bahkan Ke APH," ancam Rasid. 

Ditambahkannya lagi, belum lagi ada persengkongkolan ketua BPD dan Kepala Desa yang diduga bagi bagi anggaran tanpa itemnya  dikerjakan. Hal ini membuat dirinya dan anggota lainnya kecewa apalagi sebagai lembaga pengontrol itu tak sesuai aturan," tutur Rasid.

Sementara itu Sekretaris Desa (Sekdes) Arabiah,S.Pd membantah atas apa yang disangkakan oleh anggota BPD tersebut. Pasalnya beberapa item pekerjaan telah dituntaskan. Seperti halnya SPAL, dan Pagar So Malino. 

"Hanya saja tak dipungkiri dirinya Pagar TPA dan Polindes belum dikerjakan sesuai dengan pernyataan kades beberapa waktu lalu. Hanya saja, Uangnya telah diberikan kepada ketua BPD kata Kades," ungkap Arabia, Selasa (19/4) diruang kerjanya. 

Pengakuan ini saat penyampaian laporan pengunaan anggaran tahun 2021 lalu dan Tahap I dana Desa Di tahun 2022 sebesar 40 Porsen telah cair awal April ini.(Ramadan)

No comments

Powered by Blogger.