DLHK NTB Perketat Pengamanan Hutan


Kabupaten BIMA, KabaroposisiNTB.Com--Waspada bencana datang, BKPH Maria Donggomassa siapkan personil perketat pengamanan hutan. Hal tersebut dilakukan lantaran untuk mengurangi dampak bencana yang diakibatkan oleh degradasi hutan. Melalui Resort Lambu dan Resort Sape, BKPH Maria Donggomassa mengamankan hutan di lokasi So Oi Nahi, So Karombo La Mura dan So Ndano Na’e. Selama perjalanannya tim tidak menemukan adanya Tindak Pidana Kehutanan (TIPIHUT).

Musim penghujan dikenali sebagai berkah yang turun, tetapi bagi wilayah tertentu itu akan menjadi petaka. Terlebih lagi wilayah Bima dan Dompu, dimana kedua Kabupaten tersebut menghadapi kondisi Degradasi Hutan yang cukup parah. Penanaman tanaman semusim, Illegal Logging, penebangan melebihi kapasitas, kebakaran hutan menyebabkan degradasi lahan secara masif di Kabupaten Bima dan Dompu, ucap Kadis LHK NTB (Julmansyah) saat dikonfirmasi media ini, Selesa (22/11). 

Menurunnya kualitas lahan dapat menyebabkan kondisi alam yang tidak stabil. Banjir dikala musim penghujan dan kekeringan di musim kemarau. Ketidakstabilan itu dapat berdampak langsung pada kegiatan Ekonomi Masyarakat sekitar, terutama yang masih bergantung pada alam dan hasilnya. Jadi, apa benar menanam jagung dan tanaman semusim lainnya akan membuatmu kaya? Pikir lagi ya sobat hijau. 

Kita akan terus memperketat pengamanan hutan, kita akan terus berbenah untuk kembali membuat hutan kita hijau dan asri.(ALFAISAL) 

No comments

Powered by Blogger.