HMS Apresiasi Kinerja Masyarakat Peduli Api (MPA) Untuk Pencegahan Kebakaran

DOMPU,KabaroposisiNTB.Com--Anggota DPR RI dari partai PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H Muhammad Syafrudin ST MT mengapresiasi kinerja masyarakat peduli Api (MPA) untuk pencegahan kebakaran. Wujud dari apresiasi ini, anggota DPR RI tiga periode ini memberikan bantuan dan melaksanakan kegiatan Bimtek dalam upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan ( Dalkahutla). 

Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Dalkarhutla di wilayah kerja, HMS mengandeng PPIKHL Jawa Bali Nusra dalam melaksanakan kegiatan Bimtek. Adaptor pesertanya merupakan anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan Balai TN Tambora bersama Balai PPIKHL Jabalnusra dengan jumlah peserta 30 orang.


Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober di komplek Sanctuary Rusa Balai TN Tambora Desa Soritatanga kecamatan Pekat kabupaten Dompu dan April 2022 di dua lokasi yang berbeda,pada tanggal 25 April 2022 dilaksanakan di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) I Kore dan tanggal 26 April 2022 dilaksanakan di Komplek Samctuary Rusa timor Doro Ncanga TN Tambora.

DPR RI tiga periode menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan adalah sebagai wujud komitmen dirinya yang saat ini ada di Komisi IV, oleh demikian Ia mengawal langsung kegiatan peningkatan kapasitas SDM Dalkarhutla,yang difasilitasi oleh Balai PPIKHL Jabalnusra sebagai upaya kolaborasi dan integrasi program pengelolaan TN Tambora," ungkap HMS. 


" Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, adalah memberikan bekal keterampilan/keahlian bagi MPA berupa pembuatan cuka kayu, prospek pemasaran sampai kepada prospek ekonomi yang cukup menjanjikan sehingga diharapkan menjadi alternatif income bagi anggota MPA selain sebagai volunter dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerja Balai TN Tambora," tegas HMS. 


Disisi lain, Ia menambahkan pentingnya peningkatan kapasitas SDM bagi masyarakat sebagai modal utama mengembangkan alternatif income. '' Saya selaku wakil rakyat akan terus berjuang untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di dapil NTB 1 Pulau Sumbawa ” kata HMS Kandidat Doktor Universitas Brawijaya. 


Politisi PAN HMS menuturkan,Wujud komitmen tersebut pada tahun anggaran 2022, saya bekerjasama dengan Balai TN Tambora akan mengadakan mobil truck tangki air yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk suplay air di musim kemarau selain peruntukannya untuk Dalkarhutla TN. Tambora.


“Tidak hanya itu, tahun ini juga masyarakat akan diberikan bantuan berupa 1 unit mobil offroad untuk menunjang pengembangan wisata pendakian di Jalur wisata pendakian piong.Bantuan mobil offroad tersebut akan diberikan kepada kelompok “Sanggar Offroad” dengan nilai bantuan 125 juta.”terangnya


Lanjut HMS bantuan tersebut,akan menjadi stimulus dan akan terus dikembangkan sesuai dinamika perkembangan wisata di TN Tambora.


Dirinya berharap kepada peserta untuk terus merawat dan menjaga gunung tambora ini terutama dari ancaman kebakaran yang di lakukan oleh orang tidak bertanggung jawab.


“Melalui peningkatan kapasitas SDM ini  saya memberi semangat kepada peserta untuk merawat dan menjadikan taman nasional tambora ini sebagai tempat wisata pilihan utama wisatawan lokal, maupun luar negeri dan terus memberikan pelayanan kepada pengunjung dengan sistim kelolah sesuai protab” tuturnya.


HMS juga berharap agar taman nasional tambora ini tetap di jaga dan di rawat agar pengunjung senang dan juga dapat menikmati suasana alam tambora dengan sukaria.Sehingga memiliki kesan yang baik di seluruh dunia.


Perwakilan Balai PPIKHL Jawa Bali Nusra Teguh Pramono,SE mengapresiasi langkah HMS dalam menjaga gunung Tambora dengan mengandeng masyarakat setempat.

“DPR RI tiga periode ini, selain sederhana dan selalu berjuang untuk masyarakat se-pulau Sumbawa apalagi saat ini dia ada di Komisi IV berbagai bantuan telah di datangkan melalui perjuangannya,” ungkap Teguh Pramono.


Perlu diketahui dalam kegiatan peningkatan kapasitas SDM yang dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI H. Muhammad Syafruddin, ST.,MM tersebut menghadirkan narasumber dari Manggala Agni Daops Ketapang Kalimatan Barat. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan dari Direktorat PKHL Ditjen PPI KLHK (Ir. Purwantio) perwakilan Balai PPIKHL Jabalnusra (Teguh Pramono, SE) dan Perwakilan Balai TN Tambora (Deny Rahadi).(MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.