4 Tahun Zerowaste, Umi Rohmi Tengok Pilar Zerowaste di Bima

Kabupaten BIMA, KabaroposisiNTB.Com---Memasuki tahun ke-4 NTB Zerowaste, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. tengok pilar Zerowaste di Bima. Tepatnya di Kelurahan Melayu, Kota Bima. Palibelo Ummi Rohmi didampingi Kadis LHK NTB, Julmansyah, S.Hut., M.A.P. beserta jajaran kepala Bidang, sambangi TPS3R Berjaya. Turut juga mendampingi beberapa stakeholder OPD Pemprov NTB, Stakeholder Bima terkait. Dalam kunjungan ini Ummi menyerahkan Komposter Bag untuk memotivasi warga kelurahan melayu dalam mengolah sampah dari rumah.

Ummi Rohmi mengapresiasi TPS3R Berjaya dan semangat masyarakat kota bima dalam mengolah sampahnya dari rumah. “Semoga setiap komposter bag yang kita bagikan ini dapat bermanfaat banyak untuk masyarakat kota bima, dengan berkurangnya sampah rumah tangga yang dihasilkan maka akan mengurangi juga volum sampah yang akan bermuara di TPA Bima.

Lebih jauh dalam kesempatan ini, Ummi Rohmi menyampaikan bahwa Zerowaste itu adalah mindset baru terkait pengelolaan sampah, dimana pengelolaan sampah terdahulu ialah kumpul-angkut-buang menjadi kurangi-pilah-olah, sehingga sampah dari rumah tangga/ sumber lainnya menjadi nol dan yang pasti kita bertanggung jawab atas sampah kita sendiri karena sampahku adalah tanggung jawabku, ungkapnya, Senin (26/12). 

"Memang tidak ada yang instan dalam Zerowaste ini, karena zerowaste ini merupakan pekerjaan multilapisan dimana semua pihak, dan individu harus terlibat dengan kesadaran yang penuh, kita baru saja memulainya dalam 4 tahun terakhir, sementara Denmark yang sudah sukses Zerowastenya itu sudah berjalan 50 tahun lebih". Jelas Ummi Rohmi.(Alfaisal) 

No comments

Powered by Blogger.