Budaya Doa Minta Hujan Untuk Menyuburkan Tanaman Tetap dilestarikan Masyarakat Tonda

Keterangan Foto: Doa Minta Hujan Warga Desa Tonda, Kecamatan Madapangga. 

KABUPATEN BIMA, KabaroposisiNTB. COM--- Sejak awal tahun 2023 hujan ngga turun, akibat kondisi ini masyarakat dan pemerintah Desa Tonda, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, NTB, mengelar doa minta hujan di So Diwu Monggo, Senin (9/1/23). Hal ini dibenarkan kepala desa Arif fahmi S. Pt, pada media ini. 


Kata Kades, ini kali pertama doa minta hujan kepada yang maha Kuasa (Allah SWT) sebelumnya di lahan Soo Rege Niwa di tahun 2022 doa syukuran telah dilaksanakan," ungkap Arif Fahmi. 

"Ia menegaskan ini adalah budaya doa minta hujan masyarakat di desanya untuk memohon keberkahan kepada penguasa yang selalu di laksanakan setiap tahunnya, apabila kondisi curah hujan yang kurang, " tutur kades. 


Lanjutnya, Doa minta hujan adalah salah satu tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam beribadah, " ungkapnya. 


Selaku kades, dirinya apresiasi dukungan masyarakat atas kegiatan ini, " Tambah Arif Fahmi. 


Salah satu petani Firdaus, semoga dengan doa ini, Allah SWT akan menurunkan rahmatnya yakni hujan untuk menyuburkan tanaman jagung kami di lahan pertanian, " terangnya. 


"Semoga doa ini akan ada hikmahnya dan masyarakat desa Tonda akan diberikan hasil yang melimpah ruah kedepan, " Harapnya. 


Wakil BPD Baharudin mengapresiasi doa bersama ini. Pasalnya, berdekatan dengan Allah di kala ujian dan cobaan wajib bagi kita umat muslim, " tegasnya. 


"Selaku petani juga, dirinya berharap hasil pertanian nanti melimpah ruah, " Pintanya. (RED) 

No comments

Powered by Blogger.