Untuk Meningkatkan UMKM HMS Gelar Bimtek Sosialisasi Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan di Dompu

Foto: Saat kegiatan Bimtek KKP Anggota DPR RI dengan Nelayan dan Pelaku usaha di Dompu. 


Kabupaten DOMPU, KabaroposisiNTB. COM___Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS atau Rudhy Mbojo yang dikenal Sederhana dan Peduli, melaksanakan kebijakan pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan bagi masyarakat kelautan dan perikanan se-pulau Sumbawa, seperti diberitakan sebelumnya di Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, beberapa waktu lalu juga di kabupaten Dompu, pada (9/3/23). 


Adapun kegiatan Bimtek KKP dilaksanakan Anggota DPR RI Komisi lV Dapil NTB I Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP) RI melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi untuk agenda kegiatan di kabupaten se-pulau Sumbawa. 

Disetiap kegiatan KKP ini selalu di hadiri Kepala Dinas Perikanan setiap daerah kota dan kabupaten yang ada saat pelaksanaan kegiatan begitu juga di Kabupaten Dompu. 


HMS pada sambutannya, menyampaikan ucapan terimah kasih kepada pemerintah daerah dan Pemkot lebih khusus kepada setiap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan yang selalu mendukung kegiatan Bimtek KKP ini. 


DPR Tiga Periode ini menjelaskan kegiatan pelatihan pengolahan ikan dengan banyaknya peserta dari para pelaku usaha dan penyuluh perikanan di dominasi dari kaum hawa yaitu emak- emak untuk kiranya mampu meningkatkan hasil usaha perikanan dengan pengelolaan yang baik guna meningkatkan ekonomi mikro masyarakat nelayan, " jelas HMS. 


Ia berharap,dengan pelatihan tersebut, para pelaku usaha lebih meningkatkan mutu usahanya untuk mendapatkan nilai jual yang lebih baik untuk peningkatan pendapatannya,sehingga dapat dijadikan sebagai pengembangan usaha yang dijalankan oleh masyarakat Kabupaten Dompu khususnya, pulau Sumbawa umumnya. 


" Dalam pelatihan pengolahan ikan kali ini kami praktekan cara pembuatan abon ikan,kerupuk ikan dan jenis olahan lainnya dengan bahan baku komoditas hasil perikanan," Ujar Kandidat Doktor Kampus Brawijaya Malang, Senin (20/3). 


Politisi PAN HMS mengatakan, jika kita membuka data Badan Pusat Statisik (BPS), mayoritas masyarakat Pulau Sumbawa bersandar pada mata pencarian sebagai petani, peternak dan nelayan.


" Pulau Sumbawa adalah provinsi NTB dengan potensi perikanan yang luar biasa. Untuk membantu mengembangkan kesejahteraan masyarakat memajukan perekonomian daerah, NTB perlu melihat bahwa laut adalah masa depan, kita tidak bisa lagi memunggungi wilayah lautan. Potensi dari laut harus benar- benar dimanfaatkan,” ungkap  HMS tiga periode 


HMS menjelaskan, pelatihan hari ini sebagai bentuk perhatian, kepedulian dan keberpihakan anggota DPR RI Komisi lV bekerjasama dengan KKP untuk memotivasi, menopang dan mengembangkan sektor UMKM yang memproduksi dan mengelola produk-produk hasil laut seperti ikan.


“emak-emak dan bapak dilatih oleh tenaga profesional dari kementerian untuk bisa mengembangkan produk olahan menjadi lebih bernilai jual dan diminati konsumen,” Ucap HMS.(MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.