Emak Emak Rasabou Bolo, Tunjukkan Kebolehan Peringati HUT RI

Bima, KABAROPOSISINTB. COM---- Dalam rangka menyambut HUT RI ke-78 Tahun 2023. Emak - emak di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB semangat ikut gerak jalan unik, Rabu (30/8/23). 

Menariknya, berbagai keunikan ditampilkan lewat kostum yang digunakan,  juga pada variasi yang diperagakan. Tampak emak - emak menggunakan baju terbuat dari plastik, karung, ada juga mengenakan seragam tentara dan pakaian budaya ketimuran. Di bagian kepala, emak - emak menggunakan penutup kepala yang terbuat dari baskom dan ember. 

Ketua Panitia gerak jalan unik, Aris Munandar, SPd, mengatakan, jumlah peserta sebanyak 40 regu PA dan PI, sementara tiap regu minimal 10 orang. 
"Alhamdulillah tingkat keikutsertaan masyarakat sangat tinggi. Mereka tampil maksimal dengan cara gaya masing-masing," ucap Aris Munandar. 

Lomba gerak jalan ini dinilai oleh dewan juri dengan melibatkan unsur keamanan Polri dan TNI. Yakni Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat. 
"Indikator penilaian ditentukan oleh dewan juri dan tidak ada intervensi dari pihak manapun," terangnya. 

Aris Munandar, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat aktif sekaligus mensukseskan kegiatan gerak jalan unik tahun ini. 
"Suksesnya gerak jalan unik ini berkat partisipasi semua komponen. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya," pintanya. 

Kepala Desa Rasabou, Suaidin, SH, mengapresiasi tingkat keikutsertaan masyarakat mengikuti gerak jalan unik dalam rangka menyambut HUT RI ke 78. Ia berjanji, tahun berikutnya akan dilaksanakan lebih semarak lagi. 
"Tahun depan kita selenggarakan lebih semarak lagi. InsyaAllah akan disiapkan dana khusus untuk kegiatan seperti ini," ucap Kades. 

Kades berpesan, kepada seluruh peserta agar tidak menjadikan juara sebagai tujuan utama. Tapi ambil hikmah dari kegiatan ini untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan seperti yang diajarkan oleh para pendahulu bangsa. 
"Jangan jadikan juara sebagai tujuan utama. Mari kita tetap bersatu dalam membangun desa," pintanya. 

Di titik star tepatnya di RT 03, peserta dilepas oleh Kades Rasabou, Suaidin, SH, kemudian melintasi jalan negara,  masuk di gang RT 07 dan finis di penggilingan RT 10 desa setempat.(RED) 

No comments

Powered by Blogger.