Usrah : Sonokeling Jadi ATM, Dinas DLHK NTB diduga Tutup Mata

Keterangan foto: Pendiri dan Pembina LSM BCW Usrah SH. 

JAKARTA, KabaroposisiNTB. Com- Peladangan liar dan perdagangan kayu Sonokeling menjadi marak di NTB. Kondisi ini marak terjadi di Wilayah Kabupaten Dompu dan Bima, seperti dirinya pantau di beberapa pemberitaan media. saking kuatnya dugaan perdagangan ini, bahkan mirisnya kalangan pers (wartawan) kena penyiksaan gara gara menyoroti melalui pemberitaan terkait peladangan liar dan perdagangan kayu Sonokeling. Pemerhati dan pegiat yang saat ini menetap di Jakarta meminta kepada Bapak Kapolri dan kementerian kehutanan agar turun tangan, demikian disampaikan Usrah SH, Rabu (4/10).  

Ia menuturkan, kondisi ini tak bisa dibiarkan. Pasalnya, ada dugaan kuat perdagangan kayu yang secara jelas dilarang ini menjadi perdagangan biasa. Seperti terjadi di wilayah kecamatan Madapangga. 

"Disisi lain, beberapa kalangan menikmati hasil perdagangan kayu ini, dengan membekingi pemilik modal seperti terjadi di Desa Woro kecamatan Madapangga, " terangnya. 

Hal ini terungkap setelah adanya pelepasan kayu oleh pihak Polres Bima beberapa waktu lalu. Dengan adanya surat (dokumen), sementara di lapangan tak sesuai fakta, " tambahnya. 

Kementrian kehutanan dan Bapak Kapolri segera menyikapi ini, jangan sampai ini membuat masalah yang besar yakni instabilitas wilayah NTB terganggu, " pintanya. (RED). 

No comments

Powered by Blogger.