Selain Berikan Bantuan Lele Sejak di Komisi IV, HMS Selalu Berikan Bimtek Kali Ini Pokdakan Sumbawa

Keterangan foto: Bimtek Bioflok HMS di Kabupaten Sumbawa. 


SUMBAWA, KabaroposisiNTB. CoM---Anggota Komisi IV DPR-RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB I Pulau Sumbawa Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS selalu memberikan bantuan lele sejak duduk di komisi IV berupa bantuan lele dengan bentuk Bioflok. 


Selain itu, program bimbingan tehnik (Bimtek) Bioflok kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) juga selalu di lakukan, kali ini di pokdakan di Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa yang mendapatkan kesempatan Bimtek. 


Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM menjelaskan bahwa budidaya ikan dengan sistem bioflok adalah sistem budidaya yang sangat efektif. Selain itu, Bioflok memiliki kelebihan, yakni proses budidaya yang hemat lahan dan air sehingga cocok dikembangkan di perkotaan atau daerah padat penduduk seperti di pulau Sumbawa. 


“Sejak bertugas di Komisi IV, Ia selalu memberikan banyak bantuan bioflok, di pulau Sumbawa mulai dari Kabupaten Sumbawa Barat,Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu hingga sampai Kota Bima,"Kata HMS tiga periode DPR RI Senin (22/01/24).


HMS mengatakan tahun 2022 lalu saya menyalurkan paket bioflok ikan lele. Bantuan ikan lele dengan sistem bioflok memiliki nilai hampir Rp 200 juta per paket. Bantuan berisikan pembangunan kolam, benih, dan pakan.


" Karena itu, berbagai jenis sistem pengembangan ikan lele sangat dibutuhkan, termasuk budidaya dengan sistem bioflok. Sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat apabila tata kelola ikan lele dilakukan dengan baik," terangnya


Sementara itu, Bambang Suriadi Ketua Pokdakan Batu Batang alamat Dusun Ropang B Desa Ropang Kecamatan Ropang Kabupaten Sumbawa menyampaikan,bahwa dirinya bersama 3 kelompok pembudidaya ikan lainnya siap menerima program Bioflok tersebut.


" Terimakasih kepada Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang akan memberikan program Bioflok kepada kelompok masyarakat  Desa Ropang dan Alhamdulillah saat ini sudah ada 3 klompok yang sudah siap untuk ikut program tersebut,hanya masih dalam proses pembuatan AKTA kelompok," ujar Bambang 


Bambang mengatakan,kami di sini benar- benar tertarik dan pingin ikut dalam program Bioflok yang di berikan oleh Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM, Insya Allah satu minggu lagi kegiatan tanam padi sawah selesai,kami semua akan turun ke Sumbawa untuk menyelesaikan apa yang menjadi syarat untuk ikut dalam program Bioflok tersebut.


"Adapun 3 kelompok yang siap untuk menerima  bimbingan tehnik (Bimtek) tersebut adalah,Pokdakan Batu Batang ketua (Bambang Suriadi),Pokdakan Klabis ketua (Syafrudin) dan Pokdakan Ai Didil ketua ( Alwan Wijaya)," tuturnya 


Ia menambahkan, harapan saya dan teman-teman terkait Bimtek Bioflok depannya selain membantu ekonomi menjadikan itu sebagai pendapatan tetap masyarakat desa ropang dan juga akan melahirkan generasi sehat cerdas dan kuat.Kami juga berharap hubungan kami dengan beliau HMS tetap terjalin.(MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.