Dewan Pers Tutup UKW Mei 2024, 39 Peserta Berkompeten

Mataram, KabaroposisiNTB. Com_ Perwakilan Dewan Pers menutup secara resmi kegiatan Uji Kompeten Wartawan (UKW) Provinsi NTB di hotel Golden Palace, Sabtu (18/5/2024).

Dalam penjelasannya, perwakilan Dewan Pers, Asep Setiawan, menyampaikan kepada peserta agar ilmu yang diberikan oleh para penguji diamalkan dan dipraktekkan.

"Semua ilmu yang diperoleh dari penguji selama pengujian agar diamalkan dan dipraktekkan saat bertugas peliputan," pinta Asep Setiawan.

Asep mengungkapkan, dalam data base Dewan Pers sudah terdapat 27 ribu lebih wartawan yang telah tersertifikasi.

"Jumlah wartawan ini sesungguhnya ditaksir lebih dari 50 ribu. Sebagian belum ada yang tersertifikasi, mungkin karena usia dan lainnya," tuturnya.

Wartawan adalah aset nasional dan provinsi yang sangat penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Lembaga eksekutif, yudikatif maupun eksekutif sangat membutuhkan profesi jurnalis. 

"Kita jaga bersama-sama Marwah jurnalis yang telah berkompeten ini," sambung Asep lagi.

Setiap tahun, Dewan Pers menggelar rapat di Paris untuk dimintai pertanggungjawaban terhadap keselamatan wartawan maupun kaitan kinerja wartawan. 

Hal itu, kata Asep, menandakan begitu besar perhatian dunia terhadap wartawan.

"Penting sekali, mulai hari ini dan ke depan kita jaga sikap profesionalisme," pungkasnya. 

Total peserta yang mendaftar sebanyak 41 orang terdiri dari jenjang Muda dan Madya. Sebanyak 40 orang peserta hadir mengikuti UKW dan 30 orang dinyatakan berkompeten.

"Satu orang peserta dinyatakan tidak berkompeten," ucap Ketua PWI NTB, Nasarudin Zain saat mengumumkan hasil UKW.

Nasarudin menyampaikan, pelaksanaan kegiatan UKW berlangsung tertib dan lancar. "Alhamdulillah UKW sudah terlaksana dengan tertib," tambahnya. (ReD)

No comments

Powered by Blogger.