Siap Mengabdi untuk NTB, Mirah Midadan Fahmid Tampil Maju Calon DPD RI, Ini Biodata dan Visi Misi Kelak!

JAKARTA, KabaroposisiNTB. COM__Mirah Midadan Fahmid adalah seorang ekonom muda dengan latar belakang keahlian pada bidang ekonomi pembangunan putri asli Bima ini, siap maju sebagai calon DPD RI Dapil NTB. Dengan kemampuan dan kesuksesannya yang saat ini bekerja di Kementerian. 


Dibawah ini Berbagai prestasi dan sepak terjang Mirah akan diuraikan satu persatu dan autobiografinya.


Pada saat ini, Ia juga terlatih dengan menggunakan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Belakangan ini Mirah tertarik dengan isu pangan, energi, dan pembangunan berkelanjutan sebagaimana terefleksi dari fokus pekerjaan Mirah saat ini. 


Selama tiga tahun terakhir, Mirah memiliki pengalaman berkolaborasi dengan para pembuat kebijakan, legislatif, dan pemangku kepentingan lainnya untuk merumuskan suatu kebijakan berdasarkan suatu penelitian. Dari sisi legislatif, Mirah terlibat dalam berbagai proses pembuatan undang-undang, termasuk 32 undang-undang yang direvisi dengan pendekatan Omnibus Law.   


Data Diri

Kewarganegaraan: Indonesia

Kemampuan Bahasa: Bahasa Indonesia (fasih), Bahasa Inggris (profesional), Bahasa Rusia (dasar)


Pendidikan

Program Doktor, Universitas Indonesia, Indonesia 

September 2022 – sekarang. 


Tergabung dalam Research Group for Energy Transition – 2050 di bawah supervisi Profesor Rinaldy Dalimi. 


Fokus Disertasi: Arah Transisi Energi ditinjau dari Aspek Teknis, Ekonomi, dan Regulasi.


Master of Science Economic Development, University of Glasgow, the United Kingdom

2016 – 2017 (GPA 14.88 out of 22.00)


Disertasi: Determinants of Regional Inequality in Indonesia, 2007-2016. Di bawah supervisi Profesor Jim Malley.


Sarjana Ekonomi, Universitas Hasanuddin, Indonesia

2011 – 2015 (IPK 3,69 dari 4.00) 


Pencapaian dan Penghargaan

Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) | Maret 2016.


LPDP merupakan beasiswa pemerintah Indonesia untuk seluruh Warga Negara Indonesia terpilih yang bertujuan untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang magister maupun doktor, serta program lainnya yang menjadi fokus LPDP. 


Delegasi Program Pertukaran Mahasiswa Universitas Hasanuddin di Kyoto University | November – Desember 2014.

Program pertukaran mahasiswa yang diselenggarakan setiap tahun oleh Universitas Hasanuddin dengan tujuan universitas yang berbeda setiap tahunnya. Hampir 300 mahasiswa jenjang S1 yang mengikuti proses seleksi program tersebut, namun hanya 17 mahasiswa yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa. 


Duta Pemuda (Youth Ambassador) AIESEC Indonesia untuk Ukraina | Juni – Agustus 2013

Program. Youth Ambassador adalah salah satu peluang yang ditawarkan AIESEC kepada pemuda di seluruh dunia. Menjadi duta negara adalah Tindakan yang bersifat sukarela dengan tujuan untuk menyebarkan dampak positif kepada masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Program ini dilakukan di dua kota, yaitu Donetsk dan Kiev, Ukraina. 


Pengalaman Kerja

Staf Ahli Komite II, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia | 2020 – sekarang

Bertanggung jawab untuk mempersiapkan substansi pada setiap rapat dan kegiatan pendukung lainnya yang diperlukan oleh Pimpinan dan Anggota Komite II DPD RI, yang tidak terbatas pada:


Mempersiapkan materi dan sambutan untuk seluruh jenis pertemuan, termasuk Rapat Dengar Pendapat/Rapat Dengar Pendapat Umum Bersama mitra kerja maupun pemangku kepentingan terkait.


Mempersiapkan substansi untuk Rancangan Undang-Undang Inisiatif DPD RI dan/atau Rancangan Undang-Undang Inisiatif yang menjadi inisiatif DPR/Pemerintah.


Membantu senator Komite II DPD RI untuk mengumpulkan aspirasi masyarakat/pemangku kepentingan terkait.


Terlibat dalam proses penyusunan Rancangan Undang-Undang Inisiatif maupun Rancangan Undang-Undang Perubahan, antara lain:


-Rancangan Undang-Undang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.


-Rancangan Undang-Undang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Mineral dan Batubara.


-Sebanyak 32 (tiga puluh dua) Rancangan Undang-Undang Perubahan yang diatur dalam Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja, menggunakan pendekatan Omnibus Law.


-Rancangan Undang-Undang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan. 


-Rancangan Undang-Undang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi. 


-Rancangan Undang-Undang Inisiatif tentang Energi Baru dan Energi Terbarukan.


-Rancangan Undang-Undang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam. 


Tim Penasihat Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Republik Indonesia | Juni 2018 – Desember 2019.

Terlibat dalam Tim Penasihat Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi bersama 13 ahli dan anggota lainnya. Bertanggung jawab untuk membantu para ahli menyajikan data, laporan, informasi terkini, dan mengadakan pertemuan dengan pemangku kepentingan terkait (tingkat nasional dan daerah, serta swasta) dalam mendorong program prioritas Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. 


Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Jakarta | 2018 – sekarang

INDEF merupakan lembaga think-tank di bidang ekonomi dan keuangan, yang aktif mengangkat diskursus mengenai keadaan perekonomian nasional. Aktif sebagai peneliti di bidang Pangan, Energi, dan Pembangunan Berkelanjutan. Penelitain dilakukan dengan berkolaborasi bersama pemerintah, swasta, dan pemangku kepentingan terkait dalam merumuskan masukan kebijakan perekonomian berdasarkan penelitian akademik. 


Asisten Peneliti Institute for Social and Political Economic Issue (ISPEI), Makassar | 2012 – 2014 

Bertanggung jawab untuk mengumpulkan data penelitian awal, membantu keperluan administrasi peneliti, serta melakukan kontrol kualitas proses penelitian. 


Makalah Akademik

Year Title Author(s) Journal

2022 “Downstreaming” Policy Supporting the Competitiveness of Indonesian Cocoa in the Global Market Imam Mujahidin Fahmid, Wahyudi, Darmawan Salman, I Ketut Kariyasa, Mirah Midadan Fahmid, Adang Agustian, Resty Puspa Perdana, Benny Rachman, Valeriana Darwis, Sudi Mardianto Frontiers in Sustainable Food Systems. 


2022 “Downstreaming” Policy Supporting the Competitiveness of Indonesian Cocoa in the Global Market Imam Mujahidin Fahmid, Wahyudi, Darmawan Salman, I Ketut Kariyasa, Mirah Midadan Fahmid, Adang Agustian, Resty Puspa Perdana, Benny Rachman, Valeriana Darwis, Sudi Mardianto Frontiers in Sustainable Food Systems

.


2019 New Development: IPSAS Adoption, from G20 Countries to Village Governments in Developing Countries Imam Mujahidin Fahmid, Harun Harun, Peter Graham, David Carter, Sultan Suhab, Yi An, Xiaosong Zheng, Mirah Midadan Fahmid, Public Money & Management

.


2018 Competitiveness, Production, and Productivity of Cocoa in Indonesia Imam Mujahidin Fahmid, Harun Harun, Mirah Midadan Fahmid, Saadah, N Busthanul IOP Conference Series: Earth and Environmental ScienceScience. 


2018 Economy and Political Ecology Perspective of Indonesian Food Security at South Sulawesi Imam Mujahidin Fahmid, Harun Harun, Mirah Midadan Fahmid, Saadah, N Busthanul IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.


2018 Contribution of ICT Investment and Patent to Indonesia Economic Growth Berly Martawardaya, Andry Satrio Nugroho, Mirah Midadan Fahmid Proceeding: The 6th Gadjah Mada International Conference on Economic and Business

Penelitian (4 tahun terakhir)

Tahun Judul Penelitian Role

2022 (sedang berlangsung) Priority of Renewable Energy Development in Indonesia (PT Pertamina) Peneliti 2022 (sedang berlangsung) Penentuan dan Penghitungan Indikator UMKM terhadap Perekonomian (Kementerian Koperasi UKM) Peneliti

2022 Analisa Posisi Indonesia dalam Mitigasi Perubahan Iklim (IKPLN) Peneliti 

2022 Kajian Roadmap Pengembangan Sarana dan Prasaran Perkebunan Kelapa Sawit Peneliti

2021 Kajian Dampak Ekonomi Makro PNM Mekaar (PT PNM) Peneliti 2021 Penyusunan dan Pelaksanaan Aksi Korporasi MIND ID (Fokus kajian: Environmental, Social, and Governance PT Timah) Peneliti 2021 Riset Kebijakan Identifikasi dan Harmonisasi Regulasi Tata Niaga Pupuk (PT Pupuk Indonesia) Peneliti 

2021 Kajian Net Social Benefit Rencana Program Domestic Market Obligation Biodiesel Peneliti 2021 Masa Depan Indonesian Sustainable Palm Oil: Menuju Pengakuan Internasional Peneliti 

2020 Undang-Undang Cipta Kerja: Persepsi Masyarakat dan Rancangan Peraturan Pelaksanaan (Kementerian Investasi/BKPM) Peneliti 

2019 Monthly Newsletter: Strategic, Energy, & Macroeconomy Insight (PTT Thailand) Peneliti 

2019 Indonesia Environment, Climate, and Land-Use Research Repository (CLUA Packard) Peneliti

2018 A Decade of the EU – Indonesia Economic Relations (EuroCham) Asisten Peneliti

2018 Contribution of ICT Investments and Patents to Indonesia Economic Growth (Qualcomm) Asisten Peneliti. 


Setelah bedah latar belakang beliau, pada media ini, Mirah Midadan Fahmid mengungkapkan dirinya siap Mengabdi untuk NTB, apabila diberikan mandat kedepan, " ujarnya. 


"Dirinya siap lahir batin berjuang untuk masyarakat kedepan, " Ungkap putri Asli Bima, Minggu (29/1). 


Dengan pengalaman selama ini, InsyaAllah apabila memiliki jabatan pemangku kebijakan akan mampu berjuang lebih banyak ke masyarakat. Makanya melalui pencalonan dirinya di DPD RI NTB ini, Ia berkomitmen untuk berjuang untuk masyarakat, " tambahnya. 


"Dalam waktu dekat ini, dirinya akan menyapa masyarakat NTB baik di desa dan kota kedepan, " Tegasnya. (RED) 

No comments

Powered by Blogger.