Nimran Abdurahman : Ucapkan Selamat atas Suksesnya Pelaksanaan Pilkades Serentak, Tetap Jaga Kamtibmas

Bima,Kabaroposisi.Com--Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bergelombang periode 2019-2025 yang serentak tahun 2019 dari 82 Desa se-Kabupaten Bima telah usai dilaksanakan pada, Senin (16/12/2019) kemarin. 

Pelaksanaan Pilkades yang bisa dibilang tergolong sukses inipun, sejatinya pasti telah menyebabkan munculnya rasa puas atau tidak puas baik dari para Calon Kades itu sendiri maupun dari para pendukung maupun Tim pemenangan masing-masing calon," ungkap Calon Bupati Bima Nimran Abdurahman Asal Kecamatan Madapangga ini. 

Sebab itulah, Nimran Abdurahman Calon Bupati Kabupaten Bima, yang biasa disapa dengan Dou Ndai, Selasa (17/12/2019), mengajak kepada seluruh masyarakat Desa agar tidak lagi memperpanjang perdebatan yang sempat timbul karena perbedaan pilihan dalam Pilkades serentak tahun 2019 yang telah berlalu. 

“Kalau bisa perdebatan antar sesama warga Desa yang melaksanakan Pilkades kemarin, hendaknya langsung bisa berakhir. Jangan diperpanjang lagi sebab kalah menang dalam sebuah kontestasi Politik itu biasa, dan sebagai generasi muda kami berharap kiranya para orang-orang tua (tokoh masyarakat, tokoh agama) dan tokoh pemuda kita yang ada di Desa akan tetap menjadi motor pendingin suasana yang kemarin sempat menghangat”, ujarnya berharap. 

“Saya rasa sudah gak musim lagi ribut-ribut hingga jadi pertikaian panjang cuma karena persoalan beda pilihan dalam Politik, politik itu adalah sebuah ornamen dalam proses berdemokrasi. Dan demokrasi itu ialah cara bermufakat melalui sebuah sistem, maka rugi jika hanya gara-gara sistem kita saling tidak bertegur sapa dan malah bermusuhan antar sesama keluarga dan juga dengan para tentangga dan kerabat kita”, bilangnya. 

Oleh karenanya, Nimran berharap kepada para Calon Kades yang belum terpilih agar mau berbesar hati dan bisa menerima kekalahan dengan lapang dada. Sedang kepada Calon Kades terpilih, dia pun berharap agar tidak menjadi sombong dan tinggi hati. 

“Calon Kades yang terpilih harus mau merangkul seluruh warga termasuk calon Kades yang belum beruntung terpilih berikut pendukungnya guna terus bersama-sama bersinergi membangun desa di Kabupaten Bima yang kita cintai ini. Dalam kesempatan ini tak lupa kami sangat ber-apresiasi kepada seluruh pihak yang sudah berperan dalam mensukseskan perhelatan Pilkades kali ini”, ucap Nimran.

Demikian Nimran menganggap bahwa suksesnya pelaksanaan Pilkades tidak terlepas dari peran aktif pihak Kepolisian Bima, Bima Kota, Dandim 1068/Bima, yang memang sengaja telah mengerahkan personil guna mengawal serta mengamankan jalannya pelaksanan Pilkades di 82 Desa disegenap Wilayah Kabupaten Bima. 

Selanjutnya tak lupa pula, Nimran mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Pemkab Bima yang sudah melahirkan sebuah regulasi sebagai payung hukum sehingga Pilkades serentak tahun 2019 dapat terlaksana dengan baik dan sukses. 

“Salut saya terkhusus kepada segenap warga desa yang telah begitu antusias datang ke tempat pemungutan suara untuk menyalurkan hak pilihnya, bahkan menurut informasi yang saya dengar bahwa warga tetap rela datang guna menentukan pemimpin mereka untuk 6 tahun kedepan, walaupun diguyur hujan deras yang merata dan berlangsung dijam-jam pencoblosan”, pungkasnya. 

Meski terbilang sukses, namun Nimran menilai bahwa kedepan penyelenggaraan Pilkades serentak masih perlu penyempurnaan terutama terkait regulasi sebagai payung hukum dalam pelaksanaan Pilkades. Sebagai contoh disebutkan Nimran terkait rentang waktu pemungutan suara yang dinilai masih sempit terlebih bagi desa dengan jumlah pemilih yang besar dan dipastikan kalau hal tersebut pasti merupakan sebuah kendala yang berarti. 

Apalagi di beberapa desa sempat ada terjadi keributan kecil karena warga tidak diperkenankan menggunakan hak pilih. Panitia berdalih waktu pemungutan suara telah habis pukul 14.00 Wib. Selain masalah waktu yang sempit, Nimran melihat keributan kecil juga terjadi akibat warga desa yang ikut memilih pada Pileg dan Pilpres 2019 namun namanya tidak tercantum pada DPT Pilkades. 

Sebab itulah Nimran berharap, usai perhelatan Pilkades tahun 2019, pihak Pemkab Bima melakukan evaluasi mendalam. Diharapkan agar pada regulasi berikutnya dicantumkan dengan jelas sanksi bagi pelanggar aturan Pilkades. “Sanksi bisa saja

Sebagai penutup, saya mengucapkan Selamat kepada para Calon Kades terpilih yang telah memenangkan hati warga di 82 Desa yg menggelar Pilkades Serentak tahun 2019 ini. Tugas dan bhakti untuk segenap warga desa menanti untuk ditunaikan dengan penuh amanah dan rasa tanggungjawab. 
Dan kepada Saudara-saudaraku yg belum beruntung atau tidak terpilih, kalian merupakan tokoh dan panutan warga Desa yg peduli dan berhati mulia. Tetaplah saudaraku rela hati dan tenang jiwa menerima ketetapan-Nya sebab boleh jadi Allah SWT memiliki rencana terbaik utk Saudara-saudara dikemudian hari. Insya Allah. Aamiin
Kompetisi atau persaingan telah usai dan kini saatnya bersatu padu untuk membangun Desa dan masyarakat kita tercinta yang lebih maju, damai dan makmur serta penuh dengan limpahan keberkahan dari Allah SWT. (Koo1)

No comments

Powered by Blogger.