Banjir Akhir Tahun, Warga Monggo Alami Kerugian Milyaran

foto: Mayor Amajid SH, Kepala Desa Monggo Kecamatan Madapangga, BIMA-NTB.
Bima,Kabaroposisi.Com--Akibat banjir yang melanda pada akhir tahun 2019, tepatnya senin (31/12/2019) kemarin, warga desa Monggo kecamatan Madapangga di tiga dusun ada beberapa warga yang mengalami kerugian jutaan perkepala keluarga saat itu, sehingga total kerugian warga setempat mencapai milyaran rupiah setelah di data pemerintah desa. Demikian disampaikan kepala desa Monggo Mayor Amajid SH, saat ditemui media ini di gedung serba guna Madapangga, Sabtu (04/01/2019) saat pelantikan BPD. 

Kades Monggo, menjelaskan Banjir pada saat itu mengenangi seluruh rumah warga di tiga dusun yang terdiri dari 12 Rt. Adapun kerugian warga saat itu dalam bentuk Beras, Padi, Pakaian, Pupuk Jenis Urea,  NPK poska, Pupuk Non Subsidi Belarusia. Bayangkan saja setiap Kepala Keluarga (KK) ada yang 25 sak, 30 Sak bahkan 40 Sak tiap kepala keluarga, selain itu dalam bentuk perabot rumah tangga tak bisa dipakai lagi karena kondisinya lumpuh total udah tidak bisa dimanfaatkan lagi," tutur Mayor. 

Sambungnya, setelah Tim Pemerintah desa Monggo melakukan pendataan bagi kepala keluarga melalui pernyataan kepala keluarga tersebut diatas dari bentuk kerugian dapat ditotalkan milyaran yakni sebanyak Rp 1,325 Milyar. 

Dikatakannya, adapun titik luapan banjir yang mengenangi di 12 Rt tersebut yakni ada tanggul di wilayah kelompok Tani Jo yang jebol yang panjangnya sekitar 45 Meter, maka dari itu banjir langsung menghantam sehingga terjadi luapan di 12 Rt karena jebolnya tanggung tersebut, " jelas kades. 

Lanjutnya, kalau ngga jebol tanggul tersebut seperti biasa tahun sebelumnya luapan air banjir hanya akan mengenangi Rt 17 RW 08, dusun 4, dan Rt 01 Rw 01 dusun satu, Kalau tanggul ngga jebol biasanya. Akan tetapi karena tanggul jebol akhirnya mengenangi semua Rt di tiga dusun lainnya. 

Ditambahkannya, pada saat itu Dinas sosial secara langsung turun lokasi, dan pihak BPBD menyalurkan air bersih serta mobil pemadam dari kecamatan Bolo membersihkan lumpur sekitar 70 cm di dua sekolah di Mis Monggo dan SDN Monggo hingga bersih. Untuk bantuan lain dari Dinas Sosial dan BPBD menunggu tindak lanjut Bupati. 

Hingga berita ini diturunkan bantuan dari Dinas Sosial dan BPBD belum ada berupa sembako dan lain-lainnya bagi warga di desanya.(K001)

No comments

Powered by Blogger.