Pemdes Mpuri Bagikan BLT Untuk 101 Warga

foto: Saat Kades Mpuri Serahkan Bantuan BLT DD kepada Salah seorang Warganya.
Bima,KABAROPOSISI.Com--Pemerintah Desa Mpuri Kecamatan Madapangga cairkan Bantuan langsung tunai dana Desa (BLT DD), Selasa (26/5/20) di aula kantor Desa.  Sebanyak 101 Warga penerima didata pemerintah desa melalui Musdes diperuntukan bagi penerima BLT, ujar Abdollah S.Pd,  Kepala desa setempat pada awak media ini, selasa (26/5/20) siang hari. 

Pantauan media ini, pembagian BLT DD desa Mpuri turut dikawal Babinsa, Bhabinkamtibnas, BPD, di Aula Kantor desa. Terlihat di tengah pandemi agar ngga melanggar protokoler kesehatan, para warga jauh dari kerumunan dan diserahkan secara satu persatu.

Menurut Kades, dipilihnya waktu usai lebaran agar pemanfaatan dana tunai dari BLT ini dapat berguna bagi mereka saat pandemi covid-19 saat ini. Kalaupun dibagikan sebelum hari idulfitri, diyakini akan ngga bermanfaat mengingat kebiasaan mereka akan digunakan untuk keperluan yang lain," ungkap Kades.

"Disisi lain dipilihnya usai lebaran, mengingat kepentingan masyarakat akan hidup sehat sangat penting. Belum lagi BLT ini akan dilaksanakan selama 6 Bulan sebanyak Rp  2. 700.000,- perKK," . Terang Abdullah.

Ditambahkannya, walau pencairan dana desa tahap satu telah lama dan pencairan BLT belum dilakukan, karena aturan dan ketentuannya saat itu belum final pasca April kemarin," tambah Kades.

Sambungnya, setelah fix aturan dan ketentuan  terkait BLT DD baru pemdes merasa puas. Mengingat aturan dan ketetapan dari Kementrian dana desa ini, sebelumnya berubah ubah," tandas Kades terpilih Desember 2019 lalu.

" intinya pembagian ini juga kami lakukan setelah 5 bantuan terlaksanakan awal, seperti bantuan sosial sejak lama yakni program PKH, BNPT, saat Pandemi Covid-19 ada 4 program bantuan antara lain JPS Bima Ramah (Pemda), JPS Gemilang (Pemprov), BST kemensos RI, dan BLT DD," terangnya.

"Adapun alokasi penanganan Covid-19 bagi pemerintah desa Mpuri sebanyak 30 Porsen dari Dana Desa, untuk penanganan melalui pencegahan dini yang telah dilakukan dan bantuan langsung tunai (BLT)," Tuturnya.(KO1)

No comments

Powered by Blogger.