UNDIKMA Launching Aplikasi “Kuliah Pintar” untuk Mahasiswa Slow Learner

Mataram,KabaroposisiNTB.Com--Tantangan perkuliahan yang terjadi selama pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan bagi mahasiswa slow learner yang memiliki keterbatasan dalam mengelola waktu dan motivasi dalam belajar secara rutin di masa perkuliahan daring atau luring. Kondisi ini tidak menyurutkan semangat Dosen Undikma untuk terus berinovasi dalam merancang teknologi bantu berupa teknologi asistif berbasis mobile application bagi mahasiswa slow learner dan Web Bagi Dosen, ungkap Dr. Sutarto, S. Pd. M. Pd. kepada media ini, Sabtu (18/12). 

Tim Pengembang Aplikasi Kuliah Pintar melaksanakan Soft Lonching dan Beta Testing di Locus Café tanggal 18 Desember 2021. Kegiatan ini dihadir Oleh Kepala Biro HUMAS UNDIKMA, Kaprodi Pendidikan Matematika, Mahasiswa Pendidikan Matematika dan PTI. Tim Pengembang terdiri dari Dr. Sutarto, R Fanny Printi Ardi M.Sn, Adam Bachtiar M.MT, dan Jarir M.Kom. Secara mendasar teknologi ini menjembatani permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam belajar materi kuliah.

Dalam Sambutannya secara daring melalui Zoom, Dr. Sutarto yang sedang menghadiri acara Seminar Hasil Hibah Teknologi Asistif 2021 di Hotel Santika ICE BSD menyampaikan ucapan terimkasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pengembangan aplikasi ini. Lebih khusus, ucapan terimakasih disampaikan kepada Bapak Rektor Prof. Kusno, DEA., Ph.D dan Ibu Ni Ketut Alit Suarti, M.Pd Selaku Wakil Rektor yang juga penanggungjawab Hibah Teknologi Asistif yang selalu memberikan suport kepada kami. Lebih lanjut disampaikan, semoga aplikasi yang kami kembangkan bersama tim, bisa bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di UNDIKMA dan NTB Secara Umum.

Aplikasi Yang Dikembangkan adalah aplikasi berbasis mobile yang memiliki fitur popup and lock, yaitu kemampuan aplikasi untuk mengambil alih layar smartphone, sehingga pengguna dipaksa untuk menyelesaikan aktivitas belajar sesuai yang dijadwalkan oleh tutor. 

Kemampuan mengambil alih layar  smartphone menjadi utama sehingga aplikasi yang lain tidak dapat dioperasikan sebelum tugas pada aplikasi tersebut sudah selesai dikerjakan. Selain itu aplikasi ini juga memiliki laporan atau data statistik yang didapatkan dari data pengguna. Antara lain laporan berapa materi yang sudah dipelajari, soal yang berhasil dijawab, laporan perubahan kemampuan mahasiswa slow learner dalam mengerjakan lembar kerja mahasiswa dan soal latihan.

Aplikasi Kuliah Pintar merupakan salah satu produk inovasi Dosen UNDIKMA yang berhasil lolos pendanaan Hibah Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) dalam Penerima Bantuan Dana Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu (teknologi asistif) untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus di Perguruan Tinggi.(KO.O2)

No comments

Powered by Blogger.