DPRD Riau Adopsi Pengelolaan Hutan NTB

MATARAM,KabaroposisiNTB.Com--Demi Kelestarian Hutan Riau, Panitia Khusus (PanSus) DPRD Riau adopsi cara PemProv NTB Kelola Hutan. Didampingi SekDis LHK NTB, Samsudin, S.Hut.,M.Si., Kadis LHK NTB, Julmansyah, S.Hut.,M.A.P sambut hangat PanSus DPRD Riau di aula Dinas LHK NTB. Turut juga hadir jajaran Dinas LHK NTB, Kepala Bidang PPH, Perwakilan Bidang PDASRPM, dan KPH Rinjani Barat. Kedatangan PanSus DPRD Riau ialah untuk memperkuat dasar hukum dalam rancangan Perda Pengelolaan Hutan di Riau dengan mengadopsi struktur dasar hukum dari PerDa NTB No.14 tahun 2019 tentang Pengelolaan Hutan, ungkap Kadis LHK Provinsi NTB (Julmansyah), Sabtu (10/12). 

Adapun beberapa urgensi pembentukan PerDa pengelolaan hutan Riau ialah untuk mengatasi permasalahan yang akan timbul dengan peningkatan penduduk di Provinsi Riau yang secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan tekanan terhadap Hutan di wilayah Riau. Selain itu adanya 60% lahan dari Daerah Riau merupakan lahan gambut yang termasuk kawasan hutan dan belum adanya rencana pengelolaan ekosistem gambut (RPEG) secara terpadu, katanya. 

Maka dengan kedatangan PanSus DPRD Riau, nantinya Riau akan dapat mengarahkan pemanfaatan hutan untuk memproduksi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), dan memanfaatkannya beberapa spot menjadi Jasling, sehingga masyarakat Riau dapat merasakan manfaatnya secara langsung maupun tidak langsung dengan menjaga kelestarian hutan, ucapnya.(ALFAISal) 

No comments

Powered by Blogger.