HMS Bantu kegiatan lomba 4 Pilar UNSA Sumbawa

SUMBAWA.KabaroposisiNTB.COM---Anggota Badan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM akrab disapa HMS juga anggota DPR RI  Fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa mampu membakar semangat jiwa nasionalisme dengan memberikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada Bem Fakultas Hukum bertempat di Gedoeng Djoeang Fakultas Hukum UNSA Kabupatan Sumbawa pada (15/3/23).


Dekan Fakultas hukum Universitas Samawa (FH UNSA)Dr. Lahmuddin Zuhri, SH., M.Hum, kegiatan ini di fasilitasi oleh Bpk H. Muhammad Syafrudin, ST., MM  beliau anggota MPR RI, sekaligus anggota DPR-RI yang mewakili daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat I,yang meliputi Kabupaten Sumbawa Barat,Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Kemudian pada kesempatan yang sama Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FH UNSA Fahri Sepriadi, berharap dari kegiatan ini, dapat membangun semangat kebangsaan dalam negara, dijiwai oleh lima prinsip nasionalisme, yaitu :


1. Kesatuan, hal ini guna membangun persatuan dan kesatuan bangsa, perkuat ideology dan doktrin kenegaraan, sistem politik atau pemerintah, sistem perekonomian, sistem pertahanan keamanan dan memperkuat nilai kebudayaan lokal.


2. Kebebasan, hal ini bertujuan membangun daya kritis pemuda, pelajar dan mahasiswa dalam memupuk kebebasan berbicara dan berpendapat sebagai generasi penerus bangsa.


3. Kesamaan, guna memberikan pengasaran akan hal dan tanggungjawan yang sema sebagai anak bangsa, serta perlakuan yang sama sebagai warga negara.


4. Kepribadian, hal ini merulakan prinsip identitas diri budaya dan bangsa guna memupuk harga diri, rasa bangga dan rasa sayang terhadap kepribadian  bangsanya.


5. Musyawarah, menumbukan semangat saling mengharagain dalam perbedaan pemdapat serta menjujung tinggi kesepakatan dan keputusan bersama.


Sementara itu,Ketua Panitia Aldi Mulana, mahasiwa semester 4 FH UNSA ini, menuturkan pemilihan mosi Debat Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, adapun tujuan dari mosi debat tahun ini adalah pelajar dan pemuda yang ada di pulau Sumbawa dapat terbangun sikap keSamawaan dan KeMbojoaan dalam kontek kebangsaan,  adapun sikap tersebut antar lain:

1. Merasa bangga menjadi warga negara Indonesia.

2. Mencintai tanah air dengan segenap hati tanpa menjelekkan negara lain.

3. Mempunyai toleransi dalam menjalani kehidupan antar masyarakat.

4. Melestarikan lingungan dan  budaya Sasambo.

5. Memberikan pendidikan yang mumpuni pada anak bangsa, khususnya pendidikan moral agar menjadi pribadi dewasa yang tidak mudah terpengaruh hal-hal buruk.

6. Memberikan bekal pendidikan moral pada generasi muda agar tidak gampang menyerap hal-hal negatif.

7. Menjaga ketertiban dan kerukunan di lingkungan tempat tinggal.


"Peserta Debat ini dari SMA, SMK dan MA sepulau Sumbawa.Debat 4 pundamantal kebangsaan oleh BEM Fakultas Hukum Universitas Samawa bertujuan untuk membangun Spirit kebangsaan sesuai dengan program MPR RI." tuturnya (MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.