Selain Mengapresiasi Pawai Rimpu, HMS meminta Pemkot Jadikan Kalender Nasional dilobi Ke Pemerintah Pusat

Keterangan foto: Saat HMS ikut Kegiatan Pawai Rimpu Pemerintah Kota Bima. 


Kota Bima, KABAROPOSISINTB. COM----Anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin ST MT, komisi IV dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) mengapresiasi kegiatan pawai Rimpu yang digelar pemerintah kota Bima beberapa waktu kemarin. Terlihat masyarakat Puluhan Ribu warga Kota Bima tumpah ruah dijalan, Mengenakan kain sarung tenunan khas Bima yang diberi nama Rimpu.


Untuk diketahui, kata HMS Rimpu merupakan budaya dalam ber busana pada masyarakat Bima. Baik itu Kota Bima maupun Kabupaten Bima. Etnik Mbojo Bima memiliki suatu tradisi yang unik yakni mengenakan rimpu bagi para perempuannya, " kata Kandidat Doktor Kampus Brawijaya Malang, pada media ini, Selasa (9/5). 

Selain itu, lanjut Rudy Mbojo sapaan akrab HMS Rimpu juga merupakan suatu tata cara berpakaian khas masyarakat bima yang telah ada sejak dulu dan dikenakan secara turun-temurun. Rimpu terbagi ke dalam dua bentuk sesuai dengan status sosial yang disandangnya. Rimpu bagi yang masih remaja atau belum meningkah dinamakan rimpu mpida. Sedangkan perempuan yang telah menikah mengenakan Rimpu Colo.


Dalam masyarakat Bima Rimpu merupakan pakaian keseharian yang dikenakan untuk menutupi tubuh bagian atas yakni kepala. Sesuai adat-istiadat etnik Mbojo seseorang perempuan hendaknya menutup kepada hingga bagian kesopanan bagi masyarakat bima.


Budaya Rimpu telah ada dan hidup serta berkembang sejak jaman swa praja. Busana Rimpu hampir punah, karena masyarakat sekarang jarang menggunakan Rimpu.


Dan di Era Pemerintahan Walikota H.Muhmmad Lutfi, budaya Rimpu ini terus di upayakan untuk di lestarikan dan ini kali ketiga digelar, 60-75 ribu masyarakat ikut pawai Rimpu ini, " ungkap HMS. 


Ditambahkannya, Ia berharap pemerintah kota Bima mampu memperjuangkan hari Pawai Rimpu ini menjadi Kalender Nasional di pemerintah pusat, " harapnya. Tak lupa dirinya mengapresiasi kegiatan pawai Rimpu yang dilaksanakan pemerintah kota Bima ditahun  ketiga ini, " tegasnya.(MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.