HMS, Diberi Apresiasi Serta Memberikan Nama Susi Atas Indukan Rusa Saat Hadir di BTNT Dompu

DOMPU, KabaroposisiNTB. COM--Sanctuary rusa timor Taman Nasional Tambora akan dikembangkan menjadi pusat wisata edukasi oleh Balai Taman Nasional Tambora Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Balai Taman Nasional Tambora Deny Rahadi menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM sebagai anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa,yang sudah memberikan bimbingan dan arahan serta mensuport Taman nasional tambora agar lebih dikenal.


“Dalam kandang Sanctuary rusa sudah terdapat indukan yang diberi nama susi oleh Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang akrab disapa HMS yang dikenal peduli dan sederhana di pulau Sumbawa, ” Kata Deny senin (24/7/23)


Deny mengatakan, pengembangan Sanctuary, karena keprihatinan, akan populasi Rusa Timor di alam bebas yang sudah terbatas dan sulit dijumpai. Termasuk di TN Tambora. Kondisi inilah yang menyebabkan Rusa timor menjadi salah satu satwa liar dilindungi di Indonesia


” Harapannya, dapat menghasilkan satwa Rusa Timor yang kemudian siap dilepas ke alam bebas.Sehingga mampu meningkatkan jumlah populasinya, adapun wahana wisata yang akan dikembangkan antara lain Outbound, Camping, areal olah raga panahan, sepeda dunhill, ATV dll.” jelasnya


Deny menjelaskan,semua atraksi wisata tersebut akan dikelola berbasis masyarakat, misalnya atraksi wisata Sanctuary rusa, khusus untuk rusa atraksi akan ada interaksi dengan pengunjung melalui pemberian pakan rusa. Pakan rusa tersebut tidak perlu dibawa dari tempat asal pengunjung tetapi bisa diperoleh dilokasi yang akan dijual oleh masyarakat. Selain itu, untuk menikmati atraksi wisata setiap pengunjung diwajibkan mengenakan rimpu (pakaian adat masyarakat Dompu).


Langkah awal yang akan dilakukan pengelola adalah pengembangan kapasitas SDM masyarakat melalui pelatihan pemandu outbound untuk mendukung pengembangan atraksi wisata tersebut selain peningkatan kapasitas pengelola guest house guide dan porter.” pungkasnya (MARLIN)


No comments

Powered by Blogger.