Selain Memberikan Bantuan UPPO Kepada 15 Kelompok, HMS Gelar Bimtek di Sumbawa

Keterangan foto: Saat HMS Gelar Bimtek di Kabupaten Sumbawa. 


SUMBAWA, KabaroposisiNTB. Com---- Sosok Anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB I Pulau Sumbawa Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS yang dikenal Sederhana dan Peduli ini, bagi masyarakat Pulau Sumbawa dari 5 daerah terdiri  1 Kota dan 4 Kabupaten yang ada dikenal akan pengabdiannya untuk kepentingan warga baik itu dari program di komisinya dan bantuan pribadi untuk kepentingan umum. 


Beberapa waktu kemarin, HMS selain menggelar Bimbingan Teknis Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) juga menyerahkan bantuan UPPO untuk Koptan di Kabupaten Sumbawa. Adapun kegiatan Bimtek itu digelar bertempat di Hotel Grand Sumbawa pada 24 September 2023 lalu.


Selain itu, Komisi IV DPR-RI Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM Bekerjasama dengan Kementerian RI melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) yaitu Direktur Pupuk, dan diikuti 100 peserta terdiri dari petani penerima manfaat UPPO dan PPL pendamping ikut dalam Bimtek tersebut. 


Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa Ir. Ni Wayan Rusmawati M.Si menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang telah mengalokasikan anggaran aspirasinya melalui Bimtek kepada kelompok penerima bantuan UPPO sebanyak kurang lebih 15 kelompok.


“Kelompok tani yang menerima bantuan UPPO ini sebesar 200 juta / Kelompok, dana tersebut dimasukkan melalui rekening Kelompok Tani,kemudian dana tersebut di manfaatkan untuk pembangunan Unit Pengolah Pupuk Organik, (UPPO) yang terdiri dari Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) dan kendaraan roda 3, bangunan rumah kompos dan 8 ternak sapi,segera dilaksanakan sesuai petunjuk teknis dari Kementerian RI,” terangnya minggu (1 /10/23).


Ni wayan berharap,agar apa yang menjadi tujuan yaitu adanya pengembangan sapi dapat berkelanjutan dan bisa di tularkan kepada anggota lainnya. Misalkan sapi itu kan ada jantan dan betina terus di pelihara dengan sebaik-baiknya, sehingga beranak pinak maka bisa di tularkan ke anggota lain dalam kelompok tersebut.


“Demikian juga dengan masalah Pupuk Organiknya,dari kotoran hewan sapi itu tidak terbuang dengan sia-sia,sehingga alangkah baiknya agar kotoran hewan di manfaatkan untuk Pupuk Organik,” jelasnya.


Ia menegaskan, hewan sapi yang di pelihara itu agar dirawat dengan baik, jangan sampai dilepas sehingga hilang bahkan pindah ketangan orang lain atau di jual.Agar program UPPO ini bisa berkelanjutan maka manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya karena dana bantuan ini hanya sekali saja.Maka tolong di bisa jaga,dirawat dan di manfaatkan dengan baik.


” Dan ingat satu hal,kelompok tani yang menerima bantuan harus tertib secara administrasi, segala perbelanjaan harus sesuai dengan dokumen pembelian. Contoh membeli hewan sapi harus ada kartu registrasi dari dinas peternakan itu harus dilengkapi, ” tuturnya


Ni Wayan menambahkan, semoga Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM sehat dan berlanjut di DPR-RI agar tetap bisa menyampaikan bantuan dari pusat melalui aspirasinya untuk masyarakat sepulau Sumbawa dan khususnya di Kabupaten Sumbawa. (Marlin) 

No comments

Powered by Blogger.