Pemerintah Pusat Bantu Petani Dengan Program Darurat Pangan tahun 2024

Keterangan foto: Sosialisasi di aula Danposramil Madapangga. 


BIMA, KabaroposisiNTB. COM_ Pompanisasi dan Irigasi Perpompaan merupakan program bantuan pemerintah pusat untuk para petani di kabupaten Bima, NTB. Di tahun 2024 ini, daerah kabupaten Bima masuk pada tahapan sosialisasi untuk tahapan pelaksanaan dalam waktu dekat ini. 


Koordinator BSIP NTB kementrian Pertanian Darwis Yusra saat sosialisasi di aula Danposramil Madapangga menyampaikan bahwa Program ini khsususnya untuk penanaman Padi. 


"Irigasi Perpompaan sasaran air sungai yang dibor dengan lahan seluas 20 Hektare yang siap menanam padi lewat kelompok, " Jelasnya. 


Lanjut Darwis untuk 1 pompa air, rumah pompa, Pipa bak penampung air akan dibawa langsung TNI/Polri ke setiap kelompok tani di masing-masing desa. Pasalnya program ini juga menggandeng TNI/Polri Bukan berbentuk uang hanya Irigasi Perpompaan saja yang masuk lewat rekening kelompok, ''tambahnya. 


'Untuk program pipa akan diatur sesuai kebutuhan kondisi koptan untuk petani padi saja , " ungkapnya. 


Kabid Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Sarif program Irigasi Perpompaanisasi dari Kementerian Pertanian telah disosialisasikan ke UPT dan BPP untuk mencari lahan. Kriteria dan verifikasi lapangan kalau udah layak di tetapkan CPCL. 


"Alhamdulillah program ini masuk di kabupaten Bima untuk tahun ini, '' katanya. 


Ia juga berharap agar tiap desa dan koptan mampu melaksanakan program ini dengan baik dan mampu menghilangkan darurat pangan untuk Padi, " harapnya. 


Kepala desa Tonda Arif Fahmi mengungkapkan ucapan terimakasih atas desanya mendapatkan program ini. InsyaAllah akan dikerjakan maksimal demi kesejahteraan petani dalam menghasilkan Padi. 


Kegiatan dihadiri BSIP NTB, Kabid Dinas Pertanian dan Perkebunan Sarif, Kuptd Akhyar Anis, Camat abdul wahab, Kepala BPP Hj Atikah, Danposramil, Kapolsek, Kepala Desa Rade, Tonda, Ncandi, Dena, Campa di Aula Danposramil Madapangga, Selasa (11/6). (RED) 

No comments

Powered by Blogger.